Home Papua Tengah Peran Tripika Perlu Diberdayakan

Peran Tripika Perlu Diberdayakan

Suroso  Rabu, 18 Agustus 2021 23:54
Peran Tripika Perlu Diberdayakan

NABIRE – Peran dari tiga pimpinan kecamatan (Tripika) perlu diberdayakan melalui kepala distrik. Peran dan fungsi Kepala Distrik perlu dirtingkatkan dengan memaksimalkan tugas-tugas pemerintahan terutama untuk mengamankan kebijak daerah. Karena, tanpa peran kepala distrik, tugas dan amanat dari pimpinan daeerah tidak optimal.

Kepala Distrik Sukikai Selatan, Kristianus Tagi di Nabire, akhir pakan lalu mengingatkan, tugas dan perintah Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa kepala para kepala kampung, saat melantik 73 kepala kampung pemilihan langsung, memninta untuk membuat peraturan kampung menyangkut pengamanan di masing-masing kampung terutama berkaitan dengan penertiban dan larangan menjual, mengedarkan dan mengkonsumsi minuman keras (miras) di setiap kampung se Kabupaten Dogiyai.

Tagi menilai, harapan dan perintah Bupati ini bagus untuk menjaga ketertiban dan menyamanan di setiap kampung yang akhirnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Dogiyai. Tetapi himbauan dan perintah Bupati ini tak akan efektif ketika kepala distrik tidak diberdayakan.

Untuk mengamankan harapan dan perintah bupati, Tagi usul sebaiknya libat dan berikan peran kepada kepala distrik, Untuk mengajak masyarakat kampung agar ada peraturan kampung, kemampuan sumber daya manusia (SDM) di kampung kita ketahui bersama. Oleh karena itu, untuk mendorong agar setiap kampung memutuskan peraturan kampung (Perkam), pemerintah kabupaten melalui Bupati harus memberikan peran yang besar kepada kepala distrik. Supaya para kepala distrik juga ikut bertanggungjawab di dalam perumusan dan penetapan Perkam. Kepala Distrik sebagai pimpinan wilayah, pasti mengenal wilayah dan masyarakat sehingga akan mempermudah mengarahkan masyarakat saat merumuskan dan menetapkan Perkam.

Dengan pemberian peran tersebut, kata Tagi, apabla menyangkut pnertiban peraturan, kepala distrik cukup koordinasi dengan Satpol PP di distrik, menyangkut keamanan masyarakat, kordinasinya dengan Polsek/Polpos atau Babinsa dan Babinkam dari Koramil dan Polsek. Dengan melibatkan Koramil, Polsek dan Pol PP, dengan sendirinya Tripika ekses sehingga masyarakat tidak harus langsung ke Bupati tetapi penyelesaiannya melalui distrik. Apabila menyangkut masalah luas, masing-masing pihak seperti Kepala Distrik melapor ke Bupati, Koramil ke Kodim dan Polsek ke Polres. Dengan difungsikannya peran Tripika, masing-masing pihak ikut bertanggungjawab menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah, termasuk larangan distribusi, mengedarkan dan menjual minuman keras di Kabupaten Dogiyai (ans)

Suroso  Minggu, 11 Juli 2021 23:23
Jangan Putus Mata Rantai Pendidikan di Dogiyai! Oleh Felix Degei, S. Pd., M. Ed*
Pendahuluan  Ada banyak indikator yang dapat dilihat dalam evaluasi kemajuan pembangunan suatu daerah. Pembangunan (development) mesti
Suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak
Agenda Nabire
Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi
 Minggu, 30 Mei 2021 10:39
Bawaslu Kabupaten Nabire akan menggelar acara "Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi" yang akan dilaksanakan pada : Hari/tanggal : Senin, 31 Mei 2021 Waktu : 15.00 WIT Tempat : Aula Kantor Distrik Wanggar
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
Suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
Suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
YUDA 18.184, MESSI 25.259, FANSBRO 16.135
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:8
Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM
Suroso  Rabu, 4 Agustus 2021 20:17

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan