Home Nabire DPRD Minta Pendataan Keluarga Dilakukan Setiap Tahun

DPRD Minta Pendataan Keluarga Dilakukan Setiap Tahun

Suroso  Selasa, 14 September 2021 20:0
  DPRD Minta Pendataan Keluarga Dilakukan Setiap Tahun

NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire melalui Komisi B meminta agar Dinas sosial Kabupaten Nabire mendata keluarga di daerah ini setiap tahun. Karena, terjadi perubahan setiap tahun, bahkan setiap bulan.

Permintaan tersebut disampaikan Komisi B saat audiensi dengan Dinas Sosial Kabupaten Nabire di ruang Komisi B dipimpin Wakil Ketua Komisi B, Musa Malisa.

Anggota Komisi B, Aziz Baharudin menilai, perubahan penduduk terjadi setiap saat, sehingga perubahan data terus berubah. Oleh sebab itu, pendataan penduduk melalui pendataan keluarga sebaiknya Dinas Sosial melaksanakan pendataan setiap tahun.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Sosial, Zakeus Petege menjelaskan, akibat tidak dilaksanakan pendataan melalui validasi data tidak dilaksanakan setiap tahun, jumlah penerimaan bantuan sosial untuk tahun ini menurun cukup drastis.

Zakeus mengatakan, selama ini, bantuan pemerintah melalui kartu indonesia pintar jatah Kabupaten Nabire sebagian besar dinikmati oleh pejabat dan keluarga mampu yang seharusnya tidak layak dinikmati oleh pejabat dan keluarga mampu. Kelurga tak mampu malah tidak menikmati bantuan pemerintah tersebut.

Demikian juga halnya dengan bantuan pemerintah untuj jaminan melalui BPJS. Sebagian besar kuota BPJS untuk Kabupaten Nabire malah tidak dimanfaatkan. Yang adapun, sebagian besar dinikmati oleh pejabat dan keluarga mampu.

Sekretaris Dinas Sosial menjelaskan, Dinas baru selesai memvalidasi data keluarga kurang mampu selama 4 bulan. Karena itu, Dinas Sosial telah menyiapkan data keluarga kurang mampu baru untuk diajukan kepada pemerintah melalui Kementerian Sosial. Namun, usulan tersebut belum diajukan karena harus ditandatangani oleh Bupati.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B, Musa Malisa mempertanyakan, penanganan warga disabel, untuk mendapat bantuan dari pemerintah. 

Sekretaris Dinsos, Zakeus mengungkap, Dinas Sosial selama 3 tahun terakhir ini, tidak pernah mendapat dana Otsus, sementara alokasi dana dari daerah juga tidak mencapai Rp 1 milyar, padahal Dinas Sosial merupakan salah satu dari beberapa dinas yang menangani kebutuhan dasar masyarakat. Ketika ada dana Otsus, Dinas Sosial memfasilitasi pembinaan disabel menurut bakat dan minatnya. Perhatian kepada warga disabel kurang karena Dinsos tidak mendapat dana Otsus dan dan yang diberikan dari APBD Kabupaten Nabire juga tidak mencapai Rp 1 milyar. (ans)

Suroso  Minggu, 11 Juli 2021 23:23
Jangan Putus Mata Rantai Pendidikan di Dogiyai! Oleh Felix Degei, S. Pd., M. Ed*
Pendahuluan  Ada banyak indikator yang dapat dilihat dalam evaluasi kemajuan pembangunan suatu daerah. Pembangunan (development) mesti
Suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak
Agenda Nabire
Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi
 Minggu, 30 Mei 2021 10:39
Bawaslu Kabupaten Nabire akan menggelar acara "Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi" yang akan dilaksanakan pada : Hari/tanggal : Senin, 31 Mei 2021 Waktu : 15.00 WIT Tempat : Aula Kantor Distrik Wanggar
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
Suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
Suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
YUDA 18.184, MESSI 25.259, FANSBRO 16.135
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:8
Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM
Suroso  Rabu, 4 Agustus 2021 20:17

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan