Home Nabire Insentif Nakes Disesuaikan Kemampuan Daerah

Insentif Nakes Disesuaikan Kemampuan Daerah

Suroso  Selasa, 14 September 2021 20:12
Insentif Nakes Disesuaikan Kemampuan Daerah

NABIRE – Menanggapi persoalan pembayaran insentif tenaga kesehatan (Nakes), Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Nabire, Slamet, SE, M.Si, menuturkan jika para Nakes tidak mau dibayarkan jika besaran insentif tidak sama besarnya dengan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sedangkan Kabupaten Nabire sudah tidak mempunyai anggaran lagi.

“Jika demikian maunya para Nakes, saya sebagai sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bisa melaksanakan sesuai yang diputuskan oleh ketua. Melaksanakan PMK 17/2021 pengurangan anggaran, 8% penanganan Covid-19 dan 25% penanganan ekonomi daerah serta PSU Pilkada Nabire, semunya ini harus jalan bersama-sama,” ujarnya melalui pesan WA yang diterima media ini.

Dengan kondisi keuangan daerah yang ada, lanjut Slamet, tentu harus ada yang dikorbankan. Yaitu pengurangan anggaran di semua belanja daerah.

“Kita mau gunakan dananya dari mana kalau mau-maunya sendiri bukan disesuaikan kemampuan keuangan daerah. Keuangan daerah juga memiliki keterbatasan sumber pendapatan dan anggaran,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kepala BPKAD Nabire, hal itu disesuaikan dengan kemampuan daerah. Dikatakan, pada rapat TAPD ketiga kalinya pada tanggal 6 hingga 8 September 2021, telah diputuskan untuk dilakukan refocusing dan penghitungan kembali seluruh anggaran belanja daerah dan pembiayaan daerah untuk dapat memenuhi pembayaran insentif Nakes di daerah dalam penanganan Covid-19.

Insentif penanganan Covid-19 bagi Nakes dianggarkan sebesar 6 milyar rupiah, dan dibagi dua masing-masing 3 milyar rupiah untuk Dinkes Nabire dan 3 milyar rupiah untuk RSUD Nabire.

“Sesuai keputusan Ketua TAPD, kita hitung kemampuan keuangan daerah. Namun jika itu dirasa masih kurang dan ingin disamakan dengan pemberian insentif Nakes dengan pusat, kami persilahkan ketemu dengan pimpinan atau Ketua TAPD Kabupaten Nabire,” kata Slamet.

Dikatakan Slamet, dirinya selaku Sekretaris TAPD akan melaksanakan putusan dalam rapat tim anggaran yang dipimpin Sekda Nabire. Tambahnya, Kabupaten Nabire berbeda dengan daerah lainnya. Disamping dipotong sesuai PMK 17/2021 tentang refocusing, juga harus membiayai Pilkada Nabire dan penanganan Covid-19. Oleh karena itu beban APBD Kabupaten Nabire sangat besar. (ros)

Suroso  Minggu, 11 Juli 2021 23:23
Jangan Putus Mata Rantai Pendidikan di Dogiyai! Oleh Felix Degei, S. Pd., M. Ed*
Pendahuluan  Ada banyak indikator yang dapat dilihat dalam evaluasi kemajuan pembangunan suatu daerah. Pembangunan (development) mesti
Suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak
Agenda Nabire
Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi
 Minggu, 30 Mei 2021 10:39
Bawaslu Kabupaten Nabire akan menggelar acara "Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi" yang akan dilaksanakan pada : Hari/tanggal : Senin, 31 Mei 2021 Waktu : 15.00 WIT Tempat : Aula Kantor Distrik Wanggar
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
Suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
Suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
YUDA 18.184, MESSI 25.259, FANSBRO 16.135
Suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:8
Hari Ini Nabire Tetapkan Level PPKM
Suroso  Rabu, 4 Agustus 2021 20:17

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan