Home Nabire DPRD Nabire Tetapkan 5 Perda dan APBD TA 2018

DPRD Nabire Tetapkan 5 Perda dan APBD TA 2018

Suroso  12/5/2017 9:29:33 PM
DPRD Nabire Tetapkan 5 Perda dan APBD TA 2018
NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire menyetujui dan menetapkan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan Raperda APBD Kabupaten Nabire Tahun Anggaran (TA) 2018 menjadi Peraturan Daerah (Perda) tahun 2017. Persetujuan dan pengesahan lima Perda dan APBD tahun 2018 tersebut ditetapkan dewan sebelum Rapat Paripurna DPRD Nabire, ditutup Ketua DPRD, Marthen Douw di Ruang Sidang DPRD, Selasa (4/12) dini hari kemarin.Lima Perda yang ditetapkan DPRD Kabupaten Nabire, Perda tentang Pengelolaan Sampah, Perda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perseroan Terbatas bank Pembangunan Papua Dan Perseroan Daerah Air Minum Tirta Adrian, Perda tentang Pajak Daerah, Perda tentang Retribusi Jasa Umum, dan Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nabire. Tujuh fraksi di DPRD Kabupaten Nabire melalui Pendapat Akhir Fraksi menyatakan menerima dan menyetujui lima Raperda bersama Raperda APBD tahun 2018 untuk ditetapkan menjadi Perda. Persetujuan dewan untuk ditetapkan sebagai Perda ini disaksikan Bupati Nabire, Isaias Douw dan Wakil Bupati, Amirullah Hasyim.Perda tentang Pengelolaan Sampah sebagai acuan hukum di dalam penataan dan pengelolaan sampah di kota Nabire dalam rangka menertibkan pembuangan dan pengelolaan sampah secara teratur dengan melibatkan semua jenjang pemerintah, dari distrik hingga lurah/kepala kampung dan RT/RW, dan kalangan swasta.Fraksi Partai Demokrat melalui pendapat akhir yang dibacakan Udin Mardin mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait hendaknya ditunjang dengan dana yang sesuai dengan rencana agar program yang direncanakan bisa diterlaksana. Bupati Nabire, Isaias Douw dalam sambutan penutupan sidang mengatakan ada pikiran, pengelolaan sampah di kota Nabire diserahkan kepada swasta dalam tahun depan. Fraksi Demokrat apresi rencana Bupati untuk menyerahkan pengelolaan sampah kepada pihak ketiga sehingga ke depan Nabire menjadi bersih dan indah seperti yang kita idamakan selama ini.Sedangkan Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nabire, untuk mempertegas hak keuangan yang diterima pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nabire dan pelayanan administrasi anggota legislatif.Sementara tiga Perda lainnya merupakan perubahan karena beberapa pasal yang termuat di dalam produk daerah tahun 2010 ini tidak cocok lagi perubahan ini untuk penyesuaian dengan kondisi kini.Saat diskusi antara Gabungan Komisi DPRD dan eksekutif, anggota dewan meminta kepada Bupati Nabire untuk secepatnya menerbitkan Peraturan Bupati sebagai penjabaran Perda tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nabire.Plt Sekda Nabire, Drs I Wayan Mintaya mengatakan, secepatnya akan disiapkan. Eksekutif akan kerjasama dengan Sekwan, Hansari untuk menyusun Peraturan Bupati yang dimaksud anggota dewan. (ans)
Suroso  11/26/2017 9:14:14 AM
Delapan Tahun Krisis Pemimpin di Dogiyai
KARAKTER sosok Pamong murni seperti, Drs. Adauktus Takerubun, yang memimpin di sebuah kabupaten otonomi baru Lembah Hijau, sekarang Kabupate
Suroso  11/5/2017 9:32:24 AM
Pemuda Sebagai Tulang Punggung Pembangunan
oleh:Willy Andhika, SST                Momentum Hari Sumpah Pemuda sud
Agenda Nabire
Kejuaraan Bulutangkis Nabire Open 2017
 11/18/2017 6:31:58 PM

Tanggal : 12 s/d 17Desember 2017

Pukul    : 10.00 WIT s/d Selesai

Tempat : GOR Kotalama, Nabire

HAHAEEE...
Panggilan Sayang Tete ke Nene
 11/12/2017 8:22:53 AM
Satu kali cucu tanya ke tete: "Tete ni tiap kali panggil nene selalu deng panggilan darling, sayang, honey. Darling su makan? Sayang kopi mana? Honey mo ikut? Tete ni paleng romantis sampeee... de pu rahasia apa ka?" Tete: "Ssstttt mari sini tete bisik-bisik, ko jang bilang-bilang sama nene e?" Cucu: "Kenapa jadi Tete?" Tete: "Tete su lupa Nene pu nama..."