Home Papua Tengah Jembatan Kali Mapia Menanti Sentuhan Bupati Dumapa

Jembatan Kali Mapia Menanti Sentuhan Bupati Dumapa

Suroso  Kamis, 11 Januari 2018 20:14
Jembatan Kali Mapia Menanti Sentuhan Bupati Dumapa
JEMBATAN Kali Mapia, sebagai pendukung komunikasi darat dari tiga distrik ke Moanemani sebagai ibukota Kabupaten Dogiyai sedang menantikan sentuhan dari Bupati Jakubus Dumapa sebagai Bupati Dogiyai periode kedua. Sebab, periode pertama, Bupati Thomas Tigi dan dilanjutkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Dogiyai, Herman Auwe tidak berhasil menyelesaikan. Masyarakat dari Distrik Mapia Tengah, Mapia Barat dan Piyaiye mengharapkan Bupati Dogiyai, Dumapa memprioritaskan jembatan Kali Mapia yang permanen direalisasikan dalam 100 hari kerja, Bupati dan Wakil Bupati. Karena jembatan tersebut merupakan fasilitas vital untuk memperpendek rentang kendali dan jangkauan wilayah dan pelayanan pemerintah dengan biaya yang relatif murah, kecuali biaya pembangunan fisik jembatan permanen.Ketika Thomas Tigi menjabat sebagai Bupati, jalan darat dari Moanemani lewat Bomomani-Abaimaida sudah tembus Distrik Mapia Barat. Semasa itu, pejalan kaki menyeberang kali Mapia lewat jembatan gantung. Saat musim panas, beberapa pengendara kendaraan roda empat dan roda dua menyeberang lewat kali dan tembus ke Modio sebagai ibukota Distrik Mapipa dan ke Kampung Yegoukotu, Distrik Mapia Tengah.Semasa transisi antara Bupati dan Plt Bupati, jembatan Kali Mapia ditangani oleh pemerintah dengan membangun pondasi jembatan. Kegiatan pembangunan jembatan tersebut terhenti selama setahun lebih, ketika Plt Bupati Herman Auwe mengendalikan kegiatan pemerintah dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Dogiyai.Sejak pihak ketiga menangani pekerjaan jembatan, tidak ada kendaraan roda dua dan empat yang bisa tembus ke Modio dan Yegoukotu karena pondasi jembatan dibangun di tempat yang biasanya dilalui kendaraan roda dua dan roda empat saat musim panas dan volume air di kali Mapia menurun.Akibat terhalang tempat penyeberangan kendaraan di kali Mapia, secara swadaya masyarakat dari Distrik Mapia Tengah membangun jembatan darurat. Awalnya, hanya dengan dua batang kayu dan dilanjutkan dengan jembatan darurat untuk mempermudah lalu lintas kendaraan roda dua. Tetapi, lewat jembatan darurat itu pula, dua kendaraan roda dua ‘korban’ di kali Mapia dan hingga kini, kerangka motor saja tidak ditemukan masyarakat, terbawa oleh arus kali Mapia.Sejumlah orang menilai korbannya dua motor di Kali Mapia gara-gara kelalaian kontraktor yang tidak membangun jembatan darurat selama pekerjaan jembatan. Ataupun ‘membelah’ kali Mapia dan membuka jalan alternatif untuk lalu lintas kendaraan selama jembatan permanen belum selesai, seperti halnya yang lazim dilaksanakan di tempat lain ketika ada renovasi dan pembangunan jembatan.Jembatan Kali Mapia terlantar selama setahun lebih. Oleh karena itu, masyarakat dari Distrik Mapia Tengah, Mapia Barat dan Piyaiye mengharapkan Bupati Yakobus Dumapa dan Wakil Bupati Oskar Makai agar memprioritaskan pembangunan jembatan tersebut dalam tahun anggaran ini, sebagai program prioritas.(ans)
Suroso  Selasa, 1 Mei 2018 9:42
MEMBENTUK GENERASI BANGSA YANG BERCORAK PAPUA
Oleh Ernest Pugiye Anak-anak asli Papua (selanjutnya akan disebut anak-anak Papua) sebagai generasi penerus bangsa masih nampak kehilanga
Suroso  Selasa, 1 Mei 2018 9:43
Menyambut MTQ XXVII Propinsi Papua di Nabire Refleksi Al Qur’an sebagai Spirit Kebersamaan dan Berkemajuan
oleh : Basirun Samlawi (Dosen STAI As Syafi’iyyah Nabire) Perhelatan besar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII propinsi Papua tahun
Agenda Nabire
PENGUMUMAN
 Selasa, 24 April 2018 2:1

Pengumuman
Kepada Yth : Para Guru SMA/SMK se Kabupaten Nabire

Dengan ini diinformasikan bahwa pembayaran Gaji Guru SMA/SMK bulan April 2018 telah dibayarkan pada tanggal 3 April 2018, selanjutnya untuk pembayaran gaji bulan Januari, Februari dan Maret 2018 melalui mekanisme SP2D Gaji Susulan (Rapel) tiga (3) bulan saat ini sedang dalam proses penginputan nama-nama sejumlah 398 orang guru SMA/SMK oleh BPKAD Provinsi Papua (Subdit Belanja Gaji ASN) yang akan dibayarkan pada bulan ini juga.Hal tersebut sesuai hasil koordinasi dan konsultasi pihak Pemkab Nabire, kepada Kepala BPKAD Provinsi Papua.

Demikian informasi ini disampaikan terima kasih.

 

Kepala BPKAD Nabire

Slamet, SE.,M.Si

HAHAEEE...
Tra Bisa Reuni
 Selasa, 17 April 2018 4:40

Ada tete satu dia ada kasih nasehat dia pu cucu yang ada pamalas sekolah.

Tete : "Cucu... kamu itu harus sekolah tra boleh pamalas"

Cucu : "Memang kenapa tete kalo sa malas sekolah ?"

Tete : "Adooooohhh cucu ……. sekolah itu sangat penting !  Kalo ko tram au sekolah, besok kalau su besar kamu mau reuni deng siapa ?"

Info Loker