Home Pemda Dogiyai Rencana Pemindahan Ibukota Dogiyai ke Pona Dipertanyakan

Rencana Pemindahan Ibukota Dogiyai ke Pona Dipertanyakan

Suroso  Senin, 12 Februari 2018 19:9
Rencana Pemindahan Ibukota Dogiyai ke Pona Dipertanyakan
NABIRE - Pemberitaan edisi Sabtu, tanggal 10 Februari 2018 tentang rencana Bupati Kabupaten Dogiyai Yakubus Dumupa, S.IP mengatakan Ibukota Dogiyai akan dipindahkan ke Pona, warga Kigamani menangapi pemberitaan tersebut dan mempertanyakan maksud dan tujuan dari pemindahan ibukota dimaksud. Ketua Ikatan Tagi, Dogomo, Tigi dan Kegiye (Tadoti) Jek Yeheskel Tagi, SE ditemui media ini Senin (13/2) kemarin, pemindahan ibukota Kabupaten Dogiyai ke Pona itu maksud dan tujuannya apa ?, sebab menurutnya, kantor sudah ada dan terkait hak ulayat atau ganti rugi menyangkut lokasi yang dibangun perkantoran sebelumnya masyarakat berikan cuma-cuma ke pemerintah, sehingga ketika dipindahkan ibukota kabupaten ke Pona, Bupati Dogiyai harus bayar ganti rugi warga Kigamani senilai 3 milyar dulu. Yang kedua, tegas Tagi, kemarin warga Kigamani kasih 1000 suara sama Bupati Dumapa itu juga harus dibayarkan 3 milyar dulu, karena kami warga Tadoti berat untuk memindahkan ibukota kabupaten Dogiyai ke Pona, karena kita lihat disana itu membangun kabupaten ke lokasi baru memakan waktu bahkan tahun kalau di Kigamani tidak susah kantor ada, tinggal dilaksanakan pelayanan pemerintahan yang baik kepada masyarakat saja. Tambahnya, ketiga pada saat pemekaran Kabupaten Dogiyai ini dari awal mereka dari kecil sampai besar semua menolak, akan tetapi setelah jadi atau terbentuk kabupaten semua saling berebut. Mengapa dari awal tidak ditempatkan ibukota kabupaten ke Pona. “Ini juga yang kami pertanyakan pula,” tambahnya.  “Saya taro ibukota kabupaten Dogiyai di Kigamani ini karena, saya sayang dan sedih untuk orang Distrik Sukikai Selatan disana karena Sukikai Selatan mereka menuju ke Pona medan jangkauan sangat sulit. Sebab pemerintah dianggarkan dana sebesar ¾ milyar pun tidak diselesaikan 2 atau tiga tahun kebawah hingga semesti kita perlu menghargai warga masyarakat ada hingga pemerintah ada dan sebaliknya pun juga pemerintah ada hingga masyarakat ada. Katanya lagi, kelima, kalau ibukota Kabupaten Dogiyai pindah ke Pona itu kurang pas, sebaiknya taro distrik lebih bagus dari pada kabupaten karena disana itu dekat dengan tapal batas wilayah antar Kabupaten Deiyai dan Mimika, sehingga kita harus bisa melihat lebih jerih dulu dari awal tidak boleh berdekatan kabupaten. “Sekali lagi saya tegaskan selaku Ketua Kerukunan Tadoti bahwa kami warga masyarakat pemilik hak ulayat ini dengan segala kondisi apapun tidak ada keberataan mengenai lokasi Kabupaten Dogiyai hanya tuntutan kerugian hak ulayatnya saja bayar 6 milyar itu harga tetap tidak kurang dan tidak lebih hanya itu pesan warga tadoti kepada Pemda Dogiyai,” pungkasnya. (modes)
Suroso  Kamis, 15 Februari 2018 4:6
Menuju Pilkada Papua Berintegritas
Oleh : Nenu Tabuni, S.Sos (Catatan Lepas Untuk Pansus Pilgub DPRP Provinsi Papua, Penyelenggaraan Pemilu, Tim Sukses dan Masyarakat Pemilih)
Suroso  Minggu, 5 Nopember 2017 9:32
Pemuda Sebagai Tulang Punggung Pembangunan
oleh:Willy Andhika, SST                Momentum Hari Sumpah Pemuda sud
Agenda Nabire
Kejuaraan Bulutangkis Super Serius II Tahun 2018
 Rabu, 31 Januari 2018 0:7

Kejuaraan Bulutangkis Super Serius II Tahun 2018 dijadwalkan akan dilaksanakan pada :

Bulan : Maret

Tahun : 2018

Tempat : GOR Kotalama - Nabire

HAHAEEE...
Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut
 Rabu, 31 Januari 2018 0:13

Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut  

Polisi : Bagaimana kejadiannya,kenapa sampe ko bisa tabrak 30 orang dalam suatu kecelakaan Mobil..??  

Obet : Waktu sa bawa Mobil ni de pu kecepatan 95 km/jam. Waktu sa di pertigaan sa baru sadar kalo Mobil ni de pu rem tuh lagi Rusak. Sa mo belok ke kiri ada Pace dua orang, sedangkan dikanan dong ada bikin pesta ulang tahun... Kalo Bapak Polisi kira2 ko pilih yang mana..??  

Polisi : Mendingan ke kiri toh.. de pu korban hanya sedikit...!!  

Obet : iya Pak, sa juga pikir begitu Pak..!!  

Polisi : Tapi kenapa orang yang sedang Rayakan Pesta ulang tahun dong kena Tabrakan juga...??  

Obet : Ceritanya Begini..Sa sebenarnya tadi pilih tabrak pace dua yang ada di sebelah kiri saja.. Eh..ternyata yang sa tabrak cuma satu saja, pace yang satu nya lagi de lari ke pesta ultah yang ada disebelah kanan, makanya sa belok kejar de kesana…..

Populer