Home Papua Papenda Papua Evaluasi Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah

Papenda Papua Evaluasi Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah

Suroso  Rabu, 14 Februari 2018 6:6
Papenda Papua Evaluasi Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah
JAYAPURA,- Badan Pendapatan Daerah (Papenda) Papua menggelar evaluasi penerimaan pajak dan retribusi tahun 2017 yang dipungut oleh Satuan Keraja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua. Rapat evaluasi yang berlangsung di ruang rapat Papenda Papua dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua Elia Loupatty, Rabu, (14/2) kemarin. Kepada wartawan Loupatty mengatakan, rapat evaluasi retrubusi yang dikelolah oleh SKPD sangat penting, mengingat, masih banyak potensi pendapatan daerah yang perlu dikembangkan kedepan. Oleh karena itu,  sejak Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal dilantik tahun 2013, Gubenrur terus berupaya agar Pendapatan Daerah Papua bisa tembus angka Rp 1 Triliun. “Lewat badan pengelolaan pendapatan daerah, kami berusaha sehingga ada pertemuan pimpinan SKPD untuk membicarakan pendapatn daerah, karena PAD bagian dari APBD Provinsi,” ujarnya. Dijelaskan, PAD Papua sebelumnya hanya diangka Rp 500 miliar, tetapi sejak kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, PAD sudah tembus Rp 1 triliun. “Kita bisa tembus 8 persen dan total APBD Papua itu sangat luar biasa, ada kemajuan dalam pengelolaan semua potensi pendapatan asli daerah yang ada di Papua,”katanya lagi. Diakuinya, ada beberapa penerimaan jenis pajak yang over target tahun 2017 lalu, seperti kendaraan bermotor, bahan bakar dan pajak rokok bagi hasil dari pemerintah pusat. “Kita harus akui ada jenis pajak yang tak capai target, tapi kita berikan apresiasi bagi wajib pajak kendaraan bermotor, karena mereka punya kesadaran yang tinggi, sehingga pendapaakan kita cukup berhasil ketika ada kesempatan tidak kena sanksi bagi tunggakan saat 17 Agustus dan hari Otsus tahun kemarin,” Sementara itu, Kepala Bapenda Papua Gerson Jitmau mengatakan, penerimaan pajak dan retribusi tahun 2017 pada 26 SKPD, ada enam SKPD yang tidak mencapai target. “Target kita tahun 2017 lalu Rp 86 miliar bagi 26 SKPD, tapi ada SKPD yang tidak berhasil mengelola potensi PAD yang ada,” ucapnya. Oleh karena itu, pihaknya tahun ini akan fokus dalam pengelolaan aset-aset milik pemerintah seperti GOR Cenderawasih, Stadion Mandala Jayapura maupun aula milik SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua.
Suroso  Kamis, 15 Februari 2018 4:6
Menuju Pilkada Papua Berintegritas
Oleh : Nenu Tabuni, S.Sos (Catatan Lepas Untuk Pansus Pilgub DPRP Provinsi Papua, Penyelenggaraan Pemilu, Tim Sukses dan Masyarakat Pemilih)
Suroso  Minggu, 5 Nopember 2017 9:32
Pemuda Sebagai Tulang Punggung Pembangunan
oleh:Willy Andhika, SST                Momentum Hari Sumpah Pemuda sud
Agenda Nabire
Kejuaraan Bulutangkis Super Serius II Tahun 2018
 Rabu, 31 Januari 2018 0:7

Kejuaraan Bulutangkis Super Serius II Tahun 2018 dijadwalkan akan dilaksanakan pada :

Bulan : Maret

Tahun : 2018

Tempat : GOR Kotalama - Nabire

HAHAEEE...
Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut
 Rabu, 31 Januari 2018 0:13

Polisi Interogasi Pelaku Tabrakan Maut  

Polisi : Bagaimana kejadiannya,kenapa sampe ko bisa tabrak 30 orang dalam suatu kecelakaan Mobil..??  

Obet : Waktu sa bawa Mobil ni de pu kecepatan 95 km/jam. Waktu sa di pertigaan sa baru sadar kalo Mobil ni de pu rem tuh lagi Rusak. Sa mo belok ke kiri ada Pace dua orang, sedangkan dikanan dong ada bikin pesta ulang tahun... Kalo Bapak Polisi kira2 ko pilih yang mana..??  

Polisi : Mendingan ke kiri toh.. de pu korban hanya sedikit...!!  

Obet : iya Pak, sa juga pikir begitu Pak..!!  

Polisi : Tapi kenapa orang yang sedang Rayakan Pesta ulang tahun dong kena Tabrakan juga...??  

Obet : Ceritanya Begini..Sa sebenarnya tadi pilih tabrak pace dua yang ada di sebelah kiri saja.. Eh..ternyata yang sa tabrak cuma satu saja, pace yang satu nya lagi de lari ke pesta ultah yang ada disebelah kanan, makanya sa belok kejar de kesana…..

Populer