Home Pemda Nabire Bupati Tetapkan Kamis Noken dan Batik Ciri Khas Nabire

Bupati Tetapkan Kamis Noken dan Batik Ciri Khas Nabire

Suroso  Senin, 5 Maret 2018 9:57
Bupati Tetapkan Kamis Noken dan Batik Ciri Khas Nabire
NABIRE - Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw, S.Sos.,MAP telah mengintruksikan kepada seluruh ASN, pelajar dan mahasiswa, pegawai BUMD, BUMN, perbankan dan pihak swasta untuk wajib mengenakan Batik Papua Ciri Khas Nabire dan Noken pada setiap hari Kamis. Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Nabire melalui Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Nabire, Yermias Degei, S.Pd saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (5/3) usai Apel Gabuangan Awal Bulan Maret 2018 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire. Katanya, Bupati Kabupaten Nabire telah menyiapkan Keputusan Bupati terkait dengan penetapan Kamis Noken dan Batik Papua Ciri Khas Nabire dan wajib dikenakan pada setiap hari Kamis. Dimana, pemakaian Batik Papua Ciri Khas Nabire dan juga Noken diwajibkan untuk seluruh ASN, pelajar dan mahasiswa, pegawai BUMD, BUMN, perbankan, perusahaan swasta, dan juga masyarakat Nabire. Hal ini menurut Bupati, sudah harus digalakkan dan dipromosikan hingga ke seluruh penjuru nusantara dan internasional oleh seluruh warga masyarakat Nabire sebagai aset kekayaan daerah Kabupaten Nabire yang tak ternilai harganya. Para pejabat eselon II,III dan IV di seluruh OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Nabire wajib menggunakan dan mengenakan Noken dan Batik Papua Ciri Khas Nabire. “Pejabat Eselon yang ada di lingkungan Pemkab Nabire, SKPD vertikal, seperti Pertanahan, kemudian KPKN, termasuk BUMN, BUMD seluruh sekolah, diwajibkan hari Kamis itu mengenakan batik Papua ciri khas Nabire dan setiap hari Kamis juga diwajibkan untuk mengenakan Noken. Tetapi, bukan Noken yang dibuat dari manila tetapi Noken Asli yang terbuat dari bahan-bahan alam seperti Noken Anggrek, maupun kulit kayu,” ujarnya. Menurutnya, Bupati Nabire sudah mengintruksikan kepada seluruh ASN untuk menindaklanjuti apa yang sudah ditetapkan oleh Bupati Nabire terkait pemakaian kemeja batik Papua ciri khas Nabire dan noken. Dan mulai bulan Maret hal ini sudah harus berjalan dan akan dicek langsung oleh Bupati Nabire ke setiap OPD. “Untuk mendapatkan kain batik Papua ciri khas Nabire ini, para pegawai ataupun masyarakat bisa mendapatkannya di penjahit Sopeng yang beralamat di Komplek Pasar Kalibobo. Masyarakat tidak perlu khawatir, karena untuk stok kain batik ciri khas Nabire sudah tersedia dan banyak motifnya, tinggal masyarakat memilih dan masyarakat bisa mengenakan batik ini dimana saja, baik di acara-acara resmi ataupun mungkin di gereja,” tuturnya. “Nanti penjahit Sopeng bisa mengarahkan untuk para ASN, karena peruntukan motif batik ciri khas Nabire untuk ASN dan pelajar, BUMN dan BUMD, semuanya sudah diatur dan ditentukan. Jadi kita bisa langsung datang dan membelinya di penjahit Sopeng,” pungkasnya. (cad) 
Suroso  Selasa, 1 Mei 2018 9:42
MEMBENTUK GENERASI BANGSA YANG BERCORAK PAPUA
Oleh Ernest Pugiye Anak-anak asli Papua (selanjutnya akan disebut anak-anak Papua) sebagai generasi penerus bangsa masih nampak kehilanga
Suroso  Selasa, 1 Mei 2018 9:43
Menyambut MTQ XXVII Propinsi Papua di Nabire Refleksi Al Qur’an sebagai Spirit Kebersamaan dan Berkemajuan
oleh : Basirun Samlawi (Dosen STAI As Syafi’iyyah Nabire) Perhelatan besar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII propinsi Papua tahun
Agenda Nabire
PENGUMUMAN
 Selasa, 24 April 2018 2:1

Pengumuman
Kepada Yth : Para Guru SMA/SMK se Kabupaten Nabire

Dengan ini diinformasikan bahwa pembayaran Gaji Guru SMA/SMK bulan April 2018 telah dibayarkan pada tanggal 3 April 2018, selanjutnya untuk pembayaran gaji bulan Januari, Februari dan Maret 2018 melalui mekanisme SP2D Gaji Susulan (Rapel) tiga (3) bulan saat ini sedang dalam proses penginputan nama-nama sejumlah 398 orang guru SMA/SMK oleh BPKAD Provinsi Papua (Subdit Belanja Gaji ASN) yang akan dibayarkan pada bulan ini juga.Hal tersebut sesuai hasil koordinasi dan konsultasi pihak Pemkab Nabire, kepada Kepala BPKAD Provinsi Papua.

Demikian informasi ini disampaikan terima kasih.

 

Kepala BPKAD Nabire

Slamet, SE.,M.Si

HAHAEEE...
Tra Bisa Reuni
 Selasa, 17 April 2018 4:40

Ada tete satu dia ada kasih nasehat dia pu cucu yang ada pamalas sekolah.

Tete : "Cucu... kamu itu harus sekolah tra boleh pamalas"

Cucu : "Memang kenapa tete kalo sa malas sekolah ?"

Tete : "Adooooohhh cucu ……. sekolah itu sangat penting !  Kalo ko tram au sekolah, besok kalau su besar kamu mau reuni deng siapa ?"

Info Loker