Home Nabire Abrasi Pantai Nabire Sangat Menakutkan

Abrasi Pantai Nabire Sangat Menakutkan

Suroso  Rabu, 29 Agustus 2018 20:27
Abrasi Pantai Nabire Sangat Menakutkan
NABIRE - Pantai adalah batasnya pertemuan air laut dan daratan, pantai merupakan suatu panorama bagi setiap pelancong yang mengunjungi pantai untuk melepas beban depresi, stres, dan frustasi. Di pantai terlihat ombak dan gelombang yang seakan berkejaran mengakhiri perlombaannya di tepian pantai. Indahnya pantai menjadi perhatian bagi tiap orang untuk dinikmati pemandangannya. Tentu di pantai dapat terlihat makhlukmahluk kecil seperti unggas (burung) kakiwi, bangau, belibis, elang dan burung gagak berterbangan dan menghinggapi pepohonan di pinggir pantai, sementara kepiting dan ikanikan akan menumbuhkan suatu ekosistem yang berkelangsungan terjadi indah. Ini pertanda suatu kehidupan alam pantai Nabire yang terjaga margasatwanya pantai dengan pepohonan seperti beringin pantai rerami, ketapan, cemara, rumput dan lumpur lolaro serta pepohonan bitangor yang melingkari dataran pantai Nabire, kini tidak nampak lagi dimana bekasnya sebenarnya laut dan dataran seakan sudah sirna dihempas, badai gelombang arus angin pantai bersama hujan gerimis dan banjir menerpak dinding pantai Nabire yang terus tersapu entah dimana bekasnya tak tahu siapa penyebabnya manusia ataukah alam.Pemerhati alam Nabire dan anak perintis, L.D. Muyapa, dalam siaran persnya mengatakan, tanaman masyarakat sejak tahun tujuh puluhan sudah terhempas oleh abrasi pantai laut kurang lebih dua ratus meter kedaratan, dapat terlihat pada gambaran ini menandakan bahwa suatu kehidupan manggrofenya. Ekosistem alam pantai Nabire sudah pertanda bahwa harus adanya perhatian dari semua pihak untuk mengintropeksi kembali apa sebuah arti pantai Nabire. Sehubungan dengan ekosistem manggrofe di dataran teluk ini. Karena jangankan manggrofe baru dapat tercipta kembali karena kini puna indah panorama pantai Nabire tempo dulu, mari kita bersama mencari solusi Apa yang menyebabkan dan siapa yang bertanggung jawab? mari kita bicarakan arti suatu kehidupan ekosistem yang keterlibatan manusia didalamnya sebagai tanggung jawab alam semesta, termasuk seputar pantai Teluk Cendrawasih Nabire, pungkasnya. (ist)  
Suroso  Selasa, 1 Mei 2018 9:42
MEMBENTUK GENERASI BANGSA YANG BERCORAK PAPUA
Oleh Ernest Pugiye Anak-anak asli Papua (selanjutnya akan disebut anak-anak Papua) sebagai generasi penerus bangsa masih nampak kehilanga
Suroso  Rabu, 22 Agustus 2018 21:42
Generasi Milenial Papua dan Hoax
Satu tahun lalu, tepatnya Minggu, 13 Agustus 2017, artikel saya berjudul “Masyarakat Harus Cerdas Memilih Informasi yang Benar”
Agenda Nabire
KEJUARAAN BULUTANGKIS PIALA KEMERDEKAAN
 Senin, 20 Agustus 2018 23:20

PBSI Kabupaten Nabire akan menggelar Kejuaraan Bulutangkis Piala Kemerdekaan tingkat Kabupaten Nabire.

Kejuaraan yang akan mempertandingkan KELAS YUNIOR dan KELAS SENIOR akan digelar mulai tanggal 25 Agustus 2018.

KELAS YUNIOR :

1. Kelompok Beregu SD kelas 1 s/d kelas 3 (2 tunggal putra dan 1 tunggal putri)

2. Kelompok Beregu SD kelas 4 s/d kelas 6 (2 tunggal putra dan 1 tunggal putri)

3. Kelompok Beregu SMP kelas 7 s/d kelas 9 (2 tunggal putra dan 1 tunggal putri)

KELAS SENIOR :

1. Ganda Putra Kategori A

2. Ganda Putra Kategori B

3. Ganda Putra Kategori C

HAHAEEE...
Tra Bisa Reuni
 Selasa, 17 April 2018 4:40

Ada tete satu dia ada kasih nasehat dia pu cucu yang ada pamalas sekolah.

Tete : "Cucu... kamu itu harus sekolah tra boleh pamalas"

Cucu : "Memang kenapa tete kalo sa malas sekolah ?"

Tete : "Adooooohhh cucu ……. sekolah itu sangat penting !  Kalo ko tram au sekolah, besok kalau su besar kamu mau reuni deng siapa ?"

Info Loker