Home Nabire Klarifikasi Berita Hoax Corona, Ini Penjelasan Pihak UPBU Nabire

Klarifikasi Berita Hoax Corona, Ini Penjelasan Pihak UPBU Nabire

Suroso  Rabu, 25 Maret 2020 23:43
Klarifikasi Berita Hoax Corona, Ini Penjelasan Pihak UPBU Nabire

NABIRE - Pihak UPBU (Bandara) Douw Aturure Kabupaten Nabire, Selasa (24/03/2020) kemarin menggelar klarifikasi terkait kabar hoax kasus Corona (Covid-19) yang masuk di Nabire. Klarifikasi pihak Bandara Nabire bertempat di Polsubsektor Kawasan Bandara Nabire itu untuk menjelaskan adanya informasi dan berita yang tersebar di media sosial mengenai masyarakat Kabupaten Intan Jaya yang MD (Meninggal Dunia) akibat terinfeksi Covid -19,  yang selanjutnya jenazahnya telah diterbangkan ke Bandara Nabire dengan menggunakan Maskapai Rimbun Air.

Kapolres Nabire diwakili Kabag Ops Kompol Samuel D. Tatiratu, S. IK mengatakan, setelah mendengar dan mendapat info, data, keterangan dan fakta di lapangan dari sumber dan instansi terkait yang bisa dipercaya, maka pihak pers kita kedepankan dalam menjawab dan menjelaskan lewat media yang ada, kemudian dari pihak Bandara Nabire dan Polres Intan jaya melakukan klarifikasi sehingga berita bohong (hoax) ini tidak meresahkan dan membuat panik masyarakat Nabire maupun masyarakat Intan Jaya.

Hadir dalam klarifikasi tersebut Kepala Bandara Douw Aturure Nabire Mochammad Nafiek, Kapolres Nabire yang diwakili Kabag Ops Kompol Samuel D. Tatiratu, SIK, Kasi Ops PD UPBU Wilson Sawaki, Kapolsubsektor Kawasan Bandara Nabire Ipda Petrus Paranoan, KKP Biak wilayah Nabire Biakto Oridek Wambrauw, pihak Maskapai Rimbun Air David, dan dari pihak Avsec Wings Air Yosef serta insan pers Kabupaten Nabire.

"Polres Intan Jaya yang mengecek ke Puskesmas Sugapa bahwa tidak ada pasien atau orang yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 dan tidak ada Pengiriman jenazah melalui maskapai di Bandara Sugapa ke Nabire," kata Kabag Ops.

Pihak Maskapai Rimbun Air juga menyampaikan, sampai saat ini tidak pernah mengangkut jenazah dari Intan Jaya apalagi jenazah yang meninggal dunia karena terinfeksi Covid- 19. Selain itu, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Udara (KKP), selama melakukan kegiatan pencegahan Covid-19 di Bandara Nabire baik seluruh penumpang naik maupun penumpang turun terutama dari Kabupaten Intan Jaya  belum pernah menangani dan mendapati adanya jenazah yang dikirim dari Intan Jaya ke Bandara Nabire apalagi yang berhubungan dengan Covid-19. Pada kesempatan tersebut pula Kepala Bandara Udara Douw Aturure Nabire mengatakan saat klarifikasi berlangsung.

"Sampai saat ini selama dilakukan pemeriksaan lewat pemeriksaan suhu badan dan penyemprotan disinfektan bersama KKP belum menemukan adanya penumpang yang naik dan turun yang terindikasi Covid-19," ungkap Kabandara Nabire.

Di tempat yang sama, Kapolsubsektor Bandara Ipda Panji (sapaan) menjelaskan, sehubungan dengan adanya masyarakat yang resah dan panik karena adanya mobil jenasah dan ambulance yang sering keluar dan masuk Bandara nabire yang diduga ada jenasah atau pasien Covid-19 adalah mobil dari dinas milik Pemerintah Kabupaten Nabire yang digunakan oleh Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19/ Dinas Kesehatan.

"Yang setiap saat datang untuk melakukan pengecekan dan pencegahan terhadap setiap  penumpang yang naik maupun yang turun pada saat ada pesawat yang akan take off dan landing," tutur Panji.

Sedangkan mobil ambulance yang diparkir di depan pintu keberangktan adalah mobil ambulance dari pihak KKP yang setiap hari parkir dan standby di Bandara untuk melakukan pencegahan dengan pemeriksaan suhu badan dan penyemprotan disinfektan di area Bandara Nabire dan kepada semua penumpang.(wan)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Minggu, 22 Maret 2020 20:59
Segera Antisipasi Dampak Sistemik
Perekonomian nasional tampaknya akan lebih rendah dibandingkan periode-periode sebelumnya. Dampak wabah korona sudah semakin nyata dan mulai
Suroso  Kamis, 20 Februari 2020 3:9
Dinamisme Kependudukan akan Tergambar Jelas dengan Sensus Penduduk
Oleh : Rio Kuncoro, SST Pernahkan Anda benar-benar tahu berapakah tepatnya jumlah penduduk di Kabupaten Nabire? Jangan dulu bicara Kabupaten
Agenda Nabire
RAPAT KONI NABIRE
 Jumat, 21 Februari 2020 2:40
KONI Kabupaten Nabire akan menyelenggarakan rapat pada Sabtu, tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat KONI Nabire, pukul 12.00 WIT. Agenda rapat : 1). rapat evaluasi KONI tahun 2019, 2). Perencanaan agenda tahun 2020, 3). Serba Serbi
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Info Loker