Home Nabire Kapolda dan Pangdam Jengguk Korban Kasus 99

Kapolda dan Pangdam Jengguk Korban Kasus 99

Suroso  Senin, 18 Mei 2020 21:48
Kapolda dan Pangdam Jengguk Korban Kasus 99

NABIRE - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, didamping Pangdam XVI/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, Senin petang (18/05/2020) sekira pukul 18.30 WIT, didamping para pejabat teras TNI/Polri di wilayah hukum Polda Papua, termasuk Bupati Paniai, Meki Nawipa, menjengguk korban penganiayaan kasus penyerangan 99 hingga perampasan 3 senjata di lokasi pendulangan emas, Ndeotadi Kabupaten Paniai akhir pekan kemarin.

Kepada awak media, jenderal bintang dua itu mengatakan, hari ini kami datang ke Nabire untuk menjenggok anggota kita saudara Cristian yang kemarin mengalami kekerasan dari sekelompok masyarakat di lokasi pendulangan 99, Paniai dan sebelumnya kami dari tempat kejadian (TKP).

Syukur, lanjut Kapolda Papua, keadaan yang bersangkutan menurut keterangan dokter yang menangani korban dan pihak Direktur RSUD Nabire menyatakan bahwa keadaannya sudah cukup normal. 

“Kami lihat tadi memang ada pendarahan-pendarahan tetapi menurut keterangan para dokter sudah ditangani dengan baik, kita berharap mudah-mudah segera bisa membaik (sembuh). Kami prihatin dengan luka yang dialami korban saat ini, lantaran ada beberapa titik yang dialami anggota kami ini,” terangnya.

Penganiayaan dialami anggota kami yang bertugas di Pospol 99 ini serius sekali, tambah Kapolda Waterpauw, ini yang jadi pertanyaan polisi lantaran hubungan antara para anggota Polri dengan masyarakat di sekitar lokasi kejadian sangat baik dan hanya berjarak beberapa rumah. Apakah ada persoalan sebelumnya secara individu ataupun penyebab lain, diakui Paulus, masih dalam penyelidikan pihaknya.

“Lantar belakang atau penyebab kejadian hingga adanya perampasan tiga pucuk senjata ini masih kita dalami. Apakah ada keterlibatan kelompak lain pun akan diketahui dari hasilnya nanti. Untuk saat ini kita sedang koordinasikan dengan para pimpinan di daerah baik para bupati maupun tokoh masyarakat yang ada disekitar kabupaten tersebut,” jelas Kapolda.

Intinya kami sangat berharap, imbuh Waterpauw, ada kerjasama yang baik antar pimpinan sehingga persoalan ini dapat segera diselesaiakan dengan baik dan untuk saat ini, diakui Kapolda Papua, korban anggota Polri, Cristian Paliling masih belum dapat diminta keterangan mengingat kondisinya yang sangat mengkhawatirkan. 

“Upaya diawal ini yang akan kami lakukan, karena persoalan sebenarnya kami belum ketahui secara pasti, namun sekali lagi kami sangat berharap agar tiga senjata yang dirampas segera dikembalikan dan para pelakunya dapat menyerahkan diri,” tegas Kapolda Paulus Waterpauw.

Harapan tersebut, sama disampaikan Pangdam XVI/Cenderawasih Herman Asaribab dan Bupati Paniai Meki Nawipa. Keduanya pun berharap kiranya persoalan ini segera terselesaikan dengan baik, sehingga masyarakat yang berada disekitar kejadian dapat melakukan aktifitasnya dengan baik.

Pangdam XVI/Cenderawasih juga menegaskan, tujuan mereka (dirinya dengan Kapolda Papua) ke lokasi kejadian untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anggota untuk tetap melaksanakan tugas dengan baik dan kedua melaksanakan evaluasi tentang situasi yang terjadi dengan mempelajari dan mencari informasi, baik dari tokoh-tokoh masyarakat maupun masyarakat yang ada di lingkungan tersebut.

“Apa hasilnya dari investigasi dari pihak kepolisian dalam hal ini. Kita tunggu saja hasilnya bagaimana dan kita serahkan sepenuhnya kepada pihak Polda Papua. Permasalahan yang nanti dikaitkan dengan para pelaku atau siapa pelakunya, apakah dari masyarakat yang kita sebut berseberangan dengan kita dan lain sebagainnay tentu akan diketahui nantinya,” pungkas Pangdam XVI/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab.(wan)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Kamis, 21 Mei 2020 20:20
Akselerasi Pangan Lokal Dalam Pandemi Covid-19
 Oleh : Johan Kudiai   Sejak tangga l2 Maret 2020 Indonesia menjadi negara yang positif terpapar COVID 19 yang langsung diumumkan
Suroso  Kamis, 20 Februari 2020 3:9
Dinamisme Kependudukan akan Tergambar Jelas dengan Sensus Penduduk
Oleh : Rio Kuncoro, SST Pernahkan Anda benar-benar tahu berapakah tepatnya jumlah penduduk di Kabupaten Nabire? Jangan dulu bicara Kabupaten
Agenda Nabire
RAPAT KONI NABIRE
 Jumat, 21 Februari 2020 2:40
KONI Kabupaten Nabire akan menyelenggarakan rapat pada Sabtu, tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat KONI Nabire, pukul 12.00 WIT. Agenda rapat : 1). rapat evaluasi KONI tahun 2019, 2). Perencanaan agenda tahun 2020, 3). Serba Serbi
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker