Home Nabire 30-35 Persen Dana Kampung untuk BLT

30-35 Persen Dana Kampung untuk BLT

Suroso  Rabu, 20 Mei 2020 1:59
30-35 Persen Dana Kampung untuk BLT

NABIRE – Bupati Nabire, Isaias Douw mengatakan, dana kampung tahun 2020, 30 persen diarahkan untuk bantuan langsung tunai untuk dibagikan kepada warga kampung setempat. Sebab itu, dana BLT juga dibagikan kepada warga secara adil dan diberikan keluarga yang tidak mampu, keluarga miskin.

Paket Sembako yang akan dibagikan ke setiap kelurahan untuk membantu keluarga miskin dan keluarga terdampar langsung Covid-19 ini dibiayai oleh pemerintah daerah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nabire.

Oleh karena, untuk kampung ada dana untuk BLT sebesar 30 persen dari dana kampung. Sebab itu, di kampung juga diminta untuk membayar BLT kepada setiap keluarga.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Nabire, Isaias Douw dalam sambutannya, sebelum melepas paket Sembako bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire sebanyak 5.500 paket ke9 kelurahan se Distrik Nabire, dari Halaman Kantor Bupati, Selasa (19/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPNK) Kabupaten Nabire, Norbert Mote yang dikonfirmasi secara terpisah usai pelepasan paket Sembako mengatakan, dana yang diperuntukan bantuan langsung tunai,  prosentasenya tidak untuk setiap kampung, antara 30-35 persen dari dana kampung diperuntukan untuk BLT.

Mote menjelaskan, besaran alokasi dana untuk BLT disesuaikan dengan besaran dana kampung yang diterima masing-masing kampung. Bagi kampung yang menerima dana Rp1 miliar keatas, alokasinya sebesar 30 persen. Tetapi untuk kampung yang menerima dana Rp2 miliar, alokasi untuk BLT sebesar 35 persen.

“Ada kampung yang menerima dana sebesar Rp2 miliar, karena itu untuk BLT sebesar 35 persen,” bebernya.

Ketika ditanya, kapan akan direalisasikan pembayarannya ke kampung, Ketua Komite Nasional Pemuda Idonesia (KNPI) Kabupaten Nabire ini menjelaskan, hari ini (Selasa, 19/5), ada masukan daftar nama-nama penerima ke kantor KPKN Nabire.

Oleh sebab itu, belum bisa dipastikan saat yang tepat. Karena, cepat tidaknya pencairan ditentukan oleh pelayanan di kantor KPKN. Mote mengatakan, kalau prosesnya cepat dan tidak ada masalah di KPKN, bisa dicairkan dalam pekan ini, kalau lama, mungkin pekan depan.

Ketua Tim Pemekaran Provinsi Papua Tengah ini menjelaskan, dana akan ditransfer ke rekening kepala kampung, bukan ke DPMK. Pencairan dan bantuan BLT kepada warga di setiap kampung, DPMK masih menunggu petunjuk dari Bupati Nabire.

“Kami masih menunggu arahan Bupati, seperti apa prosesnya,” ujar Mote.(ans)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Kamis, 21 Mei 2020 20:20
Akselerasi Pangan Lokal Dalam Pandemi Covid-19
 Oleh : Johan Kudiai   Sejak tangga l2 Maret 2020 Indonesia menjadi negara yang positif terpapar COVID 19 yang langsung diumumkan
Suroso  Kamis, 20 Februari 2020 3:9
Dinamisme Kependudukan akan Tergambar Jelas dengan Sensus Penduduk
Oleh : Rio Kuncoro, SST Pernahkan Anda benar-benar tahu berapakah tepatnya jumlah penduduk di Kabupaten Nabire? Jangan dulu bicara Kabupaten
Agenda Nabire
RAPAT KONI NABIRE
 Jumat, 21 Februari 2020 2:40
KONI Kabupaten Nabire akan menyelenggarakan rapat pada Sabtu, tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat KONI Nabire, pukul 12.00 WIT. Agenda rapat : 1). rapat evaluasi KONI tahun 2019, 2). Perencanaan agenda tahun 2020, 3). Serba Serbi
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker