Home Nabire Baznas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Per Jiwa

Baznas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Per Jiwa

Suroso  Rabu, 20 Mei 2020 2:1
Baznas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Per Jiwa

NABIRE - Belum lama ini, pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nabire telah menetapkan besaran atau nilai zakat yang harus dikeluarkan umat muslim di bulan Ramadhan 1441 Hijriah (H), tahun 2020 ini melalui Surat Edaran Baznas Nabire, Nomor:  029/A-03/BAZNAS-NABIRE/V/2020.

Dalam surat edaran tersebut, Baznas Nabire telah menetapkan besaran Zakat Fitrah dan Fidyah, diantaranya untuk Zakat Fitrah, berupa beras sebanyak 2,5 Kg per jiwa. Bila diuangkan atau berupa uang tunai, dihitung berdasarkan beras yang dikonsumsi selama ini, dengan rincian kasarnya Zakat Fitrah Rp.30.000 per jiwa apabila mengkonsumsi beras Bulog dan Rp.40.000 per jiwa apabila mengkonsumsi beras antar pulau.

Sementara untuk Fidyah, sebesar Rp.35 ribu per orang per hari. Selain itu, untuk pembayaran zakat fitrah, maal, fidyah, infaq dan shadaqah sudah dapat dibayarkan pada awal Ramadhan melalui para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap masjid selambat-lambatnya 3 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Bagi UPZ atau masjid, seperti dilansir dari media online Nabire.net, disebutkan yang belum menyerahkan data mustahiq paling lambat Minggu pertama Ramadhan (Minggu, 03 Mei 2020) sudah harus diserahkan ke Baznas Kabupaten Nabire Kemudian untuk pengumpulan dan penerimaan zakat dan lainnya akan dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Mei 2020, mulai pukul 08.00 WIT hingga selesai dipusatkan di Islamic Centre Masjid Agung Al Falah Nabire. Sedangkan pengambilan zakat dan beras yang telah dihitung, akan dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Mei 2020, mulai pukul 08.00 WIT hingga selesai dipusatkan di Islamic Centre Masjid Agung Al Falah Nabire.

Zakat yang diterima sampai malam Hari Raya Idul Fitri dapat langsung disalurkan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) ditiap masjid dan laporannya tetap diserahkan pada Baznas Kabupaten Nabire.  Bagi lembaga/perorangan/yayasan yang mengumpulkan zakat harus menyerahkan ke Baznas Kabupaten Nabire, karena yang berhak menyalurkan adalah Baznas Kabupaten Nabire/UPZ yang sudah ada legalitasnya yang sah.(wan)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Kamis, 21 Mei 2020 20:20
Akselerasi Pangan Lokal Dalam Pandemi Covid-19
 Oleh : Johan Kudiai   Sejak tangga l2 Maret 2020 Indonesia menjadi negara yang positif terpapar COVID 19 yang langsung diumumkan
Suroso  Kamis, 20 Februari 2020 3:9
Dinamisme Kependudukan akan Tergambar Jelas dengan Sensus Penduduk
Oleh : Rio Kuncoro, SST Pernahkan Anda benar-benar tahu berapakah tepatnya jumlah penduduk di Kabupaten Nabire? Jangan dulu bicara Kabupaten
Agenda Nabire
RAPAT KONI NABIRE
 Jumat, 21 Februari 2020 2:40
KONI Kabupaten Nabire akan menyelenggarakan rapat pada Sabtu, tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat KONI Nabire, pukul 12.00 WIT. Agenda rapat : 1). rapat evaluasi KONI tahun 2019, 2). Perencanaan agenda tahun 2020, 3). Serba Serbi
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker