Home Papua Tengah Petugas Kesehatan Bandara Timika Periksa Dokumen Penumpang

Petugas Kesehatan Bandara Timika Periksa Dokumen Penumpang

Suroso  Selasa, 16 Juni 2020 1:11
 Petugas Kesehatan Bandara Timika Periksa Dokumen Penumpang

TIMIKA - Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Mozes Kilangin Timika di era normal baru melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan para penumpang baik yang hendak berangkat ke luar Timika maupun yang baru tiba di Timika.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Mimika Reynold Ubra untuk penumpang yang tiba di Bandara Timika dengan pesawat terbang dari luar daerah yaitu Jakarta dan Makassar, maka tim kesehatan akan mengecek surat keterangan bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan PCR dan surat pernyataan siap mengikuti protokol kesehatan dan siap diawasi oleh Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika.

Sementara bagi penumpang yang akan berangkat, mereka diwajibkan sudah berada di Bandara Mozes Kilangin Timika empat jam sebelum keberangkatan.

Di pintu masuk ruang tunggu Bandara Mozes Kilangin Timika, petugas Dinkes Mimika bersama KKP, pihak UPBU Mozes Kilangin dan perwakilan maskapai akan mengecek dokumen antara lain surat keterangan kesehatan bebas COVID-19 dari Gugus Tugas Pemkab Mimika, mengikuti pemeriksaan suhu badan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan sebelum masuk ke ruang tunggu.

"Semua proses ini berjalan baik dan tidak ada hambatan sama sekali.

Tentu apa saja kekurangan yang ditemui dalam pelaksanaan akan kami evaluasi kembali pada 18 Juni mendatang," kata Reynold.

Pada Minggu siang, sebanyak 67 orang penumpang dari Jakarta dan Makassar tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika dengan menggunakan pesawat Batik Air.

Semua penumpang yang baru datang di Timika itu lengkap dokumen perjalanannya, termasuk bebas dari COVID-19 yang dibuktikan dengan surat keterangan hasil pemeriksaan PCR di kota asal.

Adapun penumpang yang berangkat menuju Makassar dan Jakarta dengan pesawat yang sama sebanyak 70 orang.

Reynold mengatakan data nama dan alamat 67 penumpang yang baru tiba di Timika dengan penerbangan Batik Air akan disampaikan ke Posko Tim Gugus Kesehatan Pemkab Mimika untuk selanjutnya dipantau kondisi kesehatannya oleh tim penyelidikan epidemologi.

"Pengalaman kami di bulan April dan Mei saat ada penumpang yang datang ke Timika dengan penerbangan Batik Air dari Jakarta, mereka semua kami pantau perkembangan kesehatannya dalam waktu 10 sampai 14 hari, apakah mereka punya gejala atau tidak.

Kartu HAC itu penting untuk memantau perkembangan kesehatan mereka sekaligus berfungsi sebagai penghubung antara Bandara di Timika dengan bandara di kota tujuan bagi penumpang yang akan berangkat," jelas Reynold.

Penumpang pesawat Batik Air saat mengambil bagasi di Bandara Mozes Kilangin Timika, Minggu (14/6/2020). 

Dinkes Mimika memasang satu peralatan bilik disinfektan pada pintu masuk terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan.

Setiap penumpang yang baru turun dari pesawat akan melalui peralatan tersebut dan akan disemprotkan cairan disinfektan bersama barang bawannya sebelum masuk ke ruang pengambilan bagasi.

Rencananya peralatan serupa akan dipasang di Pelabuhan Pomako Timika dan juga Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara. (ist)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 26 Juni 2020 2:57
Rasialisme dan Penyelesaian Akar Masalah Papua
DALAM dua minggu terakhir isu rasialisme Papua kembali marak. Paling tidak, hal itu dipicu oleh putusan jaksa terhadap 7 pemuda Papua dalam
Suroso  Selasa, 30 Juni 2020 21:54
Sejarah Polri, Mengapa 1 Juli Diperingati Hari Bhayangkara *Sebelum Kemerdekaan Indonesia
Jaman Kerajaan PADA zaman Kerajaan Majapahit Patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas mel
Agenda Nabire
JADWAL BIMTEK PPS
 Sabtu, 27 Juni 2020 2:6

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PANITIA PEMUNGUTAN SUARA (PPS)

DAN PANITIA PEMILIHAN DISTRIK (PPD) PILKADA NABIRE TAHUN 2020

GELOMBANG IV (EMPAT)

Hari/tanggal : Sabtu, 27 Juni 2020

Jam : 09.00 WIT - Selesai

Tempat : Aula Gereja Sion, Karang Tumaritis, Nabire

Peserta : PPS dan PPD Distrik Uwapa, Siriwo, Dipa, Menou

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
POLLING CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI NABIRE 2020-2025
Menurut anda siapa yang cocok diusulkan menjadi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Nabire 2020-2025 ?

Ikut Polling