Home Nabire Revisi Otsus, DPRP dan MRP Wajib Undang OAP Tentukan Sikap Bersama

Revisi Otsus, DPRP dan MRP Wajib Undang OAP Tentukan Sikap Bersama

Suroso  Senin, 29 Juni 2020 22:10
Revisi Otsus, DPRP dan MRP Wajib Undang OAP Tentukan Sikap Bersama

NABIRE - Menyusul adanya dua pandangan Orang Asli Papua (OAP) yang kini bermunculan, terkait revisi UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua, yang draf RUU Otsus versi Jakarta sudah menjadi Program Legislasi Nasional (Proleknas).

Lantaran itu, Politikus Partai Nasdem Kabupaten Deiyai, Yohanes Adii, S.Hut meminta kepada DPRP dan MRP untuk mengundang OAP dalam menentukan sikap bersama.

Pasalnya, Adii Jhon menilai saat ini OAP belum menentukan sikap menerima atau menolak terhadap rencana pemerintah yang kini bernekad untuk melanjutkan Otsus Papua jilid II.

Sebab sebagian besar OAP menolak dan sebagian OAP juga mendorong bersama pemerintah untuk melanjutkan Otsus.

“Kenyataan hari ini, sebagian rakyat Papua menolak Otsus dilanjutkan di tanah Papua, karena menurut mereka Otsus yang kini sedang berjalan dianggap gagal, dan sebagian OAP dan pemerintah pusat telah mendorong untuk perpanjang Otsus tetap berlaku di tanah Papua,” ungkap Adii Jhon melalui rilis persnya diterima Papuapos Nabire, Senin (29/06/2020).

Karena itu, dikatakan Jhon, dipandang perlu untuk OAP duduk bersama DPRP dan MRP guna menyatakan sikap atas draf RUU yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat tersebut.

Karena menurut Jhon, jika Otsus Papua diperlakukan atas kemauan dan kehendak elite lokal dan elite nasional, maka Ia khawatirkan dalam perjalanan Otsus pada masa-masa mendatang rakyat bisa jadi korban dari keputusan sepihak tersebut.

Ditegaskan Jhon, OAP adalah pemegang kekuasaan atas tanah leluhur dan segala isinya.

Maka itu, tolak dan terima Otsus sesunguh ada ditangan OAP bukan ditangan elite lokal dan nasional.

“Berikan OAP untuk menentukan nasib sendiri dimana tolak UU Otsus dan meminta dialog pelurusan sejarah integrasi Papua ke Indonesia dan atau terima RUU Otsus dengan catatan sejumlah pasal direvisi adalah hak OAP bukan elite, maka jangan main hakim sendiri-sendiri harus tentukan sikap bersama,” tandas Jhon seraya berharap.(eby)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 26 Juni 2020 2:57
Rasialisme dan Penyelesaian Akar Masalah Papua
DALAM dua minggu terakhir isu rasialisme Papua kembali marak. Paling tidak, hal itu dipicu oleh putusan jaksa terhadap 7 pemuda Papua dalam
Suroso  Selasa, 30 Juni 2020 21:54
Sejarah Polri, Mengapa 1 Juli Diperingati Hari Bhayangkara *Sebelum Kemerdekaan Indonesia
Jaman Kerajaan PADA zaman Kerajaan Majapahit Patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas mel
Agenda Nabire
JADWAL BIMTEK PPS
 Sabtu, 27 Juni 2020 2:6

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PANITIA PEMUNGUTAN SUARA (PPS)

DAN PANITIA PEMILIHAN DISTRIK (PPD) PILKADA NABIRE TAHUN 2020

GELOMBANG IV (EMPAT)

Hari/tanggal : Sabtu, 27 Juni 2020

Jam : 09.00 WIT - Selesai

Tempat : Aula Gereja Sion, Karang Tumaritis, Nabire

Peserta : PPS dan PPD Distrik Uwapa, Siriwo, Dipa, Menou

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
POLLING CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI NABIRE 2020-2025
Menurut anda siapa yang cocok diusulkan menjadi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Nabire 2020-2025 ?

Ikut Polling