Home Berita Pilkada Tertibkan Baliho Depan Tempat Ibadah Tugas Satpol PP

Tertibkan Baliho Depan Tempat Ibadah Tugas Satpol PP

Suroso  Selasa, 28 Juli 2020 21:50
 Tertibkan Baliho Depan Tempat Ibadah Tugas Satpol PP

NABIRE – Menjelang Hari Raya Idul Adha, nampak adanya beberapa baliho ucapan Selamat Merayakan Idul Adha oleh beberapa nama yang sedang mencuat sebagai kandidat bakal calon (Balon) Bupati Nabire lewat partai politik.

Bahkan, ada baliho yang jelas-jelas menyatakan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nabire.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nabire terkesan ‘tutup mata’ dengan baliho dari sejumlah nama kandidat Balon Bupati dan Wakil Bupati Nabire.

Karena, sudah menghiasi halaman tempat ibadah di Kota Nabire.

Wakil Ketua Bidang Pengawasan Bawaslu Kabupaten Nabire, Adriana Sahempa saat dikonfirmasi soal pemasangan baliho ucapan Selamat Idul Adha, di depan halaman mesjid di kota Nabire, Selasa (28/7) mengatakan Bawaslu bisa menegur dan menurunkan baliho, apabila seseorang sudah dinyatakan sebagai calon yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selama yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai calon kepala daerah, atau calon legislatif, apabila ada baliho dianggap sebagai anggota masyarakat, bukan sebagai calon bupati/wakil bupati.

Ketika ditanya, ada pasangan yang mencantumkan sebagai calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, Adriana kembali mengatakan, siapa yang menetapkan sebagai calon bupati ataupun calon wakil bupati.

Karena, KPU Nabire belum mengumumkan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh partai politik.

Komisioner Bawaslu Nabire ini menilai, baliho yang ada ini hanya ucapan selamat dari anggota masyarakat kepada sesama yang merayakannya.

Karena, mereka ini belum ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Nabire.

Oleh sebab itu, Adriana mengatakan, untuk menertibkan baliho-baliho tersebut merupakan wewenang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Karena untuk memasang baliho, harus ada izin dari kepolisian. Sebab itu, tugas Satpol PP untuk mengecek, apakah baliho yang ada di depan tempat-tempat ibadah ini sudah ada izin dari kepoliian.

Apabila, ada baliho yang tidak punya izin dari kepolisian, Satpol PP harus menurunkan baliho yang tak punya izin.

Menurunkan dan membongkar baliho seperti ini, bukan tugas Bawaslu tetapi itu tugas Satpol PP, menurunkan baliho tanpa izin dari kepolisian.(ans)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 7 Agustus 2020 0:4
Tanaman Anggrek dan Potensinya Yang Terlupakan
Oleh :  Andrias Gobay S.Sos.,MA. Noken Anggrek merupakan satu dari sekian banyak oleh – oleh khas Meepago (Nabire, Dogiyai, Deiya
Suroso  Selasa, 30 Juni 2020 21:54
Sejarah Polri, Mengapa 1 Juli Diperingati Hari Bhayangkara *Sebelum Kemerdekaan Indonesia
Jaman Kerajaan PADA zaman Kerajaan Majapahit Patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas mel
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan