Home Pemda Intan Jaya Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Intan Jaya

Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Intan Jaya

Suroso  Selasa, 18 Agustus 2020 23:39
Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Intan Jaya

SUGAPA - Peringatan detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah bencana kemanusiaan yaitu terjadinya pandemi Covid-19.

Oleh karena itu peringatan HUT RI ke-75 dilaksanakan dengan sangat sederhana dan minimalis, namun tetap khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini seperti disampaikan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS, M.Si, saat upacara di lapangan upacara Kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa, Senin (17/8) lalu.

Dikatakan bupati, upacara kemerdekaan kali ini yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jangan diartikan bahwa kita tidak mampu melakukannya.

Tetapi kita semua ada dalam suasana keprihatinan yang mendalam, serta mengikuti arahan dan pedoman peringatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Wabah virus corona menyebabkan banyak kerugian bagi bangsa ini, terutama dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan terhambatnya pembangunan infrastruktur.

Berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah untuk menekan penyebarluasan virus yang mematikan ini.

Kita di Kabupaten Intan Jaya, patut bersyukur karena sampai hari ini belum ada kasus positif terjangkit virus corona sehingga Kabupaten Intan Jaya masuk dalam wilayah atau zona hijau.

Hijaunya kabupaten kita sudah barang tentu bukan kerja satu atau dua orang saja tetapi merupakan hasil kerja bersama, mulai dari pemerintah daerah TNI/Polri, para stake holder dan tentunya kesadaran seluruh masyarakat Kabupaten Intan Jaya.

Covid-19 merupakan sebuah tantangan yang harus kita hadapi bersama melalui pembangunan kesadaran kolektif masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah.

Hal ini akan menjadi sebuah kekuatan baru dalam memotong rantai penyebaran Covid-19.“

Kita tidak boleh kalah, semangat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan 75 tahun lalu kita ubah menjadi semangat memerangi Covid-19, semangat memerangi ketertinggalan dan keterbelakangan,” katanya.

Kita tidak boleh berbangga hati karena daerah kita tidak ditemukan kasus positif Covid1-9, namun daerah di sekeliling kita telah terjangkit bahkan telah merenggut korban jiwa bahkan seluruh kekuatan dan sumber daya yang dimiliki bangsa kita telah dikerahkan untuk menangani virus ini.

Diperlukan sebuah semangat perjuangan bersama dengan mencurahkan segenap pikiran waktu tenaga dan anggaran yagn difokuskan untuk menangani pandemi ini.

Persatuan kesatuan dan keteladanan yang ditujukan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan patut diteladani oleh generasi masa kini dan masa mendatang dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan guna mewujudkan cita-cita luhr proklamasi yaitu masyarakat yang adil dan makmur serta sejahtera.

Berkaitan dengan Covid-19, bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Intan Jaya bersiap menghadapi norma baru (new normal) atau lebih sering disebut dengan adaptasi kebiasaan baru.

Covid-19 tidak akan pernah sirna dari muka bumi sekalipun telah ditemukan obatnya.

Oleh karena itu kita semua harus siap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dengan menerapkan tatanan kebiasaan baru yaitu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

dengan cara disiplin menggunakan masker mencuci tangan dengan sabun di air mengalir minimal 20 detik serta selalu menjaga jarak.

Dengan menerapkan kebiasan baru berolahraga ditambah asupan gisi yang cukup maka kita harapkan seluruh masyarakat tetap sehat produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pekik perjuangan kemerdekaan 75 tahun yang lalu kini kita ubah menjadi pekik perjuangan membangun negeri dan membangun daerah dalam rangka membangun peradaban baru yang lebih bermartabat.

Setapak demi setapak dan tahap demi tahap kita berjuang merajut asa, membangun perjungan cita untuk kemuliaan Tuhan.

Permata intan yang sangat keras, memerlukan komitmen bersama sebagai anak bangsa dan sebagai anak negeri yang beradap.

Intan Jaya akan menjadi permata yang berkilau apabila kita semua sebagai anak negeri sepakat untuk mengangkat dia dari keterbelakangan ketertinggalan dan ketidakmampuan untuk menjadi permata yang berharga dan bernilai tinggi.

“Oleh karena itu melalui peringatan HUT RI ke-75 saya sekali lagi mengajak kita semua untuk segera bangkit dari ketertinggalan ini.

Kita berseru merdeka untuk membangkitkan semangat juang yang memudar sebagai dampak dari berbagai cobaan yang menghantam Kabupaten Intan Jaya,” katanya.

Cobaan itu antara lain, kisruh Pilkada 2017, gangguan keamanan di akhir 2019, sampai saat ini.

Dan terakhir adalah hantaman pandemi Covid-19.

Segala daya upaya pikiran dan materi terlah dicurahkan untuk mengatasi dan menyelesaikan sebagai cobaan tersebut agar tidak menghambat laju pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang kita laksanakan.

Dengan komitmen yang tinggi kita tetap fokus membangun daerah ini agar keadaan dapat berangsur menjadi lebih baik.

Cobaan-cobaan tersebut telah menyebabkan teranggunya penyelenggaraan roda pemerintahan karena di tinggalkan oleh sebagian besar ASN ke tempat lain untuk mengamankan diri.

Kebijakan work from home selama Covid-19 tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Disertai kekhawatiran menyebarkan Covid-19 ke Intan Jaya karena pertimbangan keterbatasan fasilitas kesehatan.

Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 yaitu "Indonesia Maju" tentu memberikan kita rasa optimis yang tinggi untuk melangkah maju bukan melihat ke belakang. Kemajuan Intan Jaya adalah kemajuan Indonesia, oleh sebab itu mari kita jadikan momentum peringatan ini menciptakan rasa persaudaraan membangun toleransi dan kebersamaan dan mewujudkan sesuatu persatuan dan kesatuan bangsa dalam sebuah kebhinekaan, menjaga komitmen bersama berbangsa satu bangsa Indonesia, dan meningkatkan empati kita untuk saling membantu tolong menolong serta membangun kehidupan sosial budaya yang bermartabat. (des)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Jumat, 7 Agustus 2020 0:4
Tanaman Anggrek dan Potensinya Yang Terlupakan
Oleh :  Andrias Gobay S.Sos.,MA. Noken Anggrek merupakan satu dari sekian banyak oleh – oleh khas Meepago (Nabire, Dogiyai, Deiya
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Diminta Mundur
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:19
Waktu Pengumuman CPNS Nabire Masih Tanda Tanya
Suroso  Rabu, 19 Agustus 2020 0:28
Hasil CPNS 2018 Nabire Belum Diumumkan
Suroso  Senin, 10 Agustus 2020 3:23
Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia
Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan