Home Berita Pilkada Paslon Positif Covid-19 Tahapan Pilkada 2 Kabupaten Ditunda

Paslon Positif Covid-19 Tahapan Pilkada 2 Kabupaten Ditunda

Suroso  Rabu, 9 September 2020 21:10
Paslon Positif Covid-19 Tahapan Pilkada 2 Kabupaten Ditunda

JAYAPURA - Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada dua kabupaten di Provinsi Papua terpaksa ditunda terutama pada pemeriksaan kesehatan karena enam bakal pasangan calon dinyatakan positif COVID-19.

"Keenam orang hasil pemeriksaan laboratorium positif corona baru, sehingga tidak bisa melanjutkan pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal," kata anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach di Jayapura, Rabu.

Diakui, keenam bakal calon bupati dan wakil bupati yang positif COVID-19 berasal dari Kabupaten Keerom satu orang dan lima lainnya berasal dari Kab. Supiori. Tahapan keenam bakal calon itu akan dilanjutkan setelah hasil pemeriksaan COVID-19 terhadap mereka dinyatakan negatif.

“Sedangkan bagi bakal calon lainnya tetap melanjutkan pemeriksaan sesuai jadwal,” kata Manoach.

Ketika ditanya apakah ada diantaranya pasangan yang positif COVID-19, Ronald Manoach mengaku tidak mengetahui dengan pasti. Yang pasti di Kab. Keerom adalah salah satu balon bupati, sedangkan di Kab. Supiori ada yang balon bupati dan ada yang wakil bupati, jelas Manoach seraya menambahkan, saat ini mereka sedang menjalani perawatan.

Tercatat 35 orang pasangan balon bupati dan wakil bupati yang terdaftar ikut pilkada di 11 KPU di Papua yakni di Kabupaten Keerom, Merauke, Boven Digul, Yalimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Nabire, Waropen, Supiori, Asmat dan Kab. Yahukimo.

Bawaslu Dorong Semua Anggota KPU Tes Usap

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua mendorong seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk menjalani tes usap, setelah ditemukannya kasus COVID-19 pada lembaga tersebut. Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach, di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya juga menyarankan selain pelaksanaan tes usap massal pada seluruh lingkungan KPU setempat, juga mensterilkan ruang kerjanya.

"Biasanya ini bersifat kebijakan internal, namun kami juga menyarankan untuk mensterilkan ruang kerja anggota KPU secara keseluruhan," katanya pula.

Menurut Ronald, KPU Provinsi Papua juga harus menilik kembali prosedur internalnya seperti apa, karena tahapan pilkada tidak boleh berhenti.

"Entah harus bekerja dari rumah atau bagaimana, namun ada langkah cepat yang harus segera diambil untuk mengantisipasi dampak dari adanya kasus ini," ujarnya lagi. Dia menjelaskan yang terutama Bawaslu Papua menyarankan agar tidak ada kerumunan apa pun di KPU.

"Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawab anggota yang terkonfirmasi terpapar COVID-19 diharapkan dapat segera dialihkan, sehingga tidak mengganggu jalannya tahapan," katanya lagi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengakui salah satu anggotanya terkonfirmasi terpapar COVID-19. Sekretaris KPU Provinsi Papua Ryllo Ashuri Panay mengatakan pihaknya membenarkan jika ada salah satu anggotanya yang terpapar COVID-19, kini sudah diisolasi di rumah sakit. (ist)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 22:52
Selisih Waktu Sebulan Rapatkan Barisan Tak Ada Ruang Rahasia Lembaga KPU Nabire
Oleh: Donatus Degei      SEBUAH catatan ‘sangat amat penting’ perhatian serius penuh kesungguhan, merapatkan
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia
Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22
KPU Nabire Bertemu Kubu Natalis Degei
Suroso  Senin, 14 September 2020 21:47
Pemda Wajib Umumkan Hasil CPNS 2018 dari Panselnas
Suroso  Rabu, 9 September 2020 21:14

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan