Home Nabire Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia

Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia

Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22
Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia

 NABIRE – Dikabarkan ada pasien yang sedang menjalani perawatan di RSUD Nabire, Kamis (10/9) kemarin, meninggal dunia. Saat dikonfirmasi salah seorang dokter di RSUD Nabire, dr. Toto S, membenarkan hal itu. Kata dia salah seorang yang meninggal sore kemarin, dinyatakan positif dari hasil swab. Sementara salah seorang lainnya yang merupakan warga pekerja dari Jakarta dari hasil rapid test reaktif, namun yang bersangkutan belum dilakukan swab.

Menurut informasi, pasien meniggal warga Girimulyo telah dimakamkan dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Sementara seorang pasien meninggal lainnya, pemakamannya masih menunggu konfirmasi dari pihak keluarga yang ada di luar Papua. Data yang didapat media ini, pasien meninggal warga Girimulyo itu merupakan pasien ruang perawatan wanita RSUD Nabire. Sedangkan pasien meninggal lainnya, merupakan pasien ruang VIP RSUD Nabire.

“Pasien yang meninggal tadi sore itu dari ruang wanita tinggal di Girimulyo, sesuai hasil swab dinyatakan positif Covid-19. Pasien ini sudah beberapa hari dirawat di RSUD Nabire,” tuturnya melalui sambungan telepon, semalam.

Lanjutnya, malam ini juga ada seorang pasien yang sedang dirawat di ruang kelas, meninggal dunia. Terhadap pasien ini baru dilakukan rapid test dengan hasil reaktif dan belum sempat dilakukan swab.

“Memang yang meninggal dari perawatan di ruang kelas pria ini belum diswab tapi semapt dirapid hasilnya reaktif. Awalnya jenasah diminta keluarga untuk diterbangkan ke Jakarta, tapi kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk menerbangkan jenasaah ke Jakarta. Informasi dari istrinya sampaikan jika memang protokol kesehatan di Nabrie seperti itu, dia menerima kematian dan dimakamkan di Nabire,” ujarnya. 

Ditanya apakah yang bersangkutan akan diswab, kata dokter Toto, sementara ini masih antri untuk swab. Pasien sekarang semakin meningkat, baik itu yang dari ruang isolasi RSUD Nabire, dari Diklat Nabire, maupun yang isolasi mandiri, itu semua perlu follow up dengan pemeriksaan swab. 

“Saya tanyakan di bagian lab, infornya besok istirahat tidak ada swab. Karena begini, alat swab itu sekarang sudah mulai berkurang fungsinya, hanya ada 2 yang bisa running. Kemudian petugas kita juga ada yang terkena jadi sudah mulai berkurang sehingga proses swab bisa memakan waktu,” ujarnya.

Ditanya tambahan kasus positif Covid-19 yang masuk perawatan, kata dia, ada beberapa tambahan pasien. Ada oknum anggota DPRD Nabire, ada pasien dari ruang-ruang perawatan di RSUD Nabire, dan juga ada petugas medis. 

“Saat ini penularan semakin kencang tapi kesadaran masyarakat masih rendah. Mereka menganggap sudah bisa hidup normal, warga semakin santai, tidak pakai masker, kumpul-kumpul itu yang penyebarannya menjadi cepat. Jadi intinya sekarang sudah terjadi transmisi lokal, bukan lagi dari luar daerah. Sudah seharusnya ada sanksi yang diberlakukan bagi pelanggar protokol kesehatan,” harapnya.

 

Pasien Covid Dirawat, Bertambah

Dari update data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nabire, terjadi penambahan jumlah pasien dirawat. Pada Rabu (9/9) ada 38 pasien dirawat, sementara terjadi penambahan menjadi 43 orang pada Kamis (10/9). Data hingga 10 September 2020, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di kabupaten Nabire tercatat sebanyak 95 kasus. Dari 95 kasus tersebut, 51 pasien telah dinyatakan sembuh, sedangkan 43 lainnya masih menjalani perawatan di RSUD Nabire.

Dari 43 pasien yang dirawat tersebut, 57 pasien berasal dari kabupaten Nabire, 24 pasien berasal dari kabupaten Paniai dan 14 pasien berasal dari kabupaten Deiyai. Hal itu sesuai data infografis sebaran kasus Covid-19 Nabire, per hari ini (10/09). Sementara pasien Covid-19 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 1 orang, sementara kontak erat sebanyak 14 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori meminta masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menggunakan masker, menjaga stamina, tidak usah keluar rumah jika tidak penting, dan selalu jaga jarak. Lebih dari itu semua selalu berdoa. (ros)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 22:52
Selisih Waktu Sebulan Rapatkan Barisan Tak Ada Ruang Rahasia Lembaga KPU Nabire
Oleh: Donatus Degei      SEBUAH catatan ‘sangat amat penting’ perhatian serius penuh kesungguhan, merapatkan
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Grebek Rumah Warga Penampung PSK
Suroso  Jumat, 13 Nopember 2020 20:44
Sidang LKPJ Bupati Nabire Molor Setengah Hari
Suroso  Senin, 26 Oktober 2020 3:27
Penembakan Terjadi Lagi di Intanjaya
Suroso  Rabu, 7 Oktober 2020 21:42
TGPF Intan Jaya Langsung Kumpulkan Informasi
Suroso  Kamis, 8 Oktober 2020 23:18

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan