Home Nabire Kemenhan Paparkan Program Cadangan Logistik Strategis di Nabire

Kemenhan Paparkan Program Cadangan Logistik Strategis di Nabire

Suroso  Selasa, 15 September 2020 21:4
Kemenhan Paparkan Program Cadangan Logistik Strategis di Nabire

 NABIRE – Analis Kebijakan Pertahanan Daerah,  Kementrian Pertahanan, Kolonel Laut, Drs. Muhaimin, S.Sos., MH mempresentasikan Program Cadangan Logistik Strategis Nasional kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire, di Aula Sekda Nabire, Selasa (15/09). Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Nabire, Amurulla Hasyim, S.IP., MM dan dihadiri oleh Kepala Dinsa Pertanian, Perwakilan dari Bappeda dan sejumlah perwakilan OPD. 

“Program Cadangan Logistik Strategis tersebut diadakan atas kesepakatan bersama sejumlah petinggi negara dan Keputusan Presiden terkait program ini sedang disiapkan.  Program tersebut diberikan kepercayaan penuh kepada Kementrian Pertahanan. Kami diperintahkan langsung oleh Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto untuk langsung turun ke daerah untuk mengajak kerja sama dengan setiap kabupaten/kota yang mau mengembangkan potensi Singkong dan Padi,” kata Muhaimin usai memberikan penjelasan tentang program tersebut kepada Pemerintah Daerah Nabire.

Dijelaskan Muhaimin, program Cadangan Logistik Strategis akan dilakukan di seluruh Indonesia, kecuali Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua daerah ini tidak memiliki lokasi. Oleh karen itu, pemerintah pusat melalui Kementrian Pertahanan membuka ruang untuk seluruh kabupaten/kota untuk menyediakan lokasi untuk mengembangkan penanaman singkong dan padi. Muhaimin yang ditunjuk sebagai pencari lahan di provinsi Papua itu menjelaskan program tersebut sudah diterima baik sejumlah kabupaten, di antaranya kabupaten Jayapura, Keerom, Asmat, Mappi, Mamberamo Raya dan hari ini sedang sampaikan kepada Nabire. Program tersebut, kata Muhaimin, akan bekerja sama sejumlah kementrian, seperti Kementrian Pertahanan, Kementrian PUPR, dan Kementrian Pertanian dan BUMN.

“Tujuan dari program tersebut tentu semata-mata hanya untuk mengangkat derajat hidup masyarakat. Apalagi, satu tahun terakhir kita semua dilanda Covid-19. Jika program ini jalan, terutama singkong, akan sangat bermanfaat skali,” katanya.

Untuk di Nabire, jelas Muhaimin, jika Pemda Nabire menyediakan lahan yang kosong, pihaknya akan mendorong untuk menanam singkong dan padi. Dan, tentunya akan didorong untuk pendirian industri dari hasil tersebut. Agar, kelak bisa bermanfaat bagi semua warga yang nantinya terlibat dalam program tersebut. Untuk tenaga kerja, pertama yang akan dikerjakan oleh TNI. Setelah itu akan diserahkan kepada PT Agrinas untuk penanaman yang ada di bawah kementrian pertahanan.

“Selanjutnya dalam pengelolaan dalam bentuk industri di pabrik adalah putra/i daerah setempat akan direkrut sesuai UU NO 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan yang berusia 18-35 tahun. Mereka akan direkrut dari Kodam, Kodim dan Koramil. Setelah itu, para pemuda/i yang telah direkrut ini akan dididik bela negara selama 4 bulan. Lalu, mereka akan dikembalikan dibentuk brigade, batalyon,  dan kompi,” urai Muhaimin.

Lanjutnya, “Jadi, tenaga kerjanya adalah putra/i daerah sendiri. Untuk tanah akan menjadin lahan pertanian adalah kerja sama antara Pemda dan Kementrian Pertahanan yang dalam hal ini PT Agrinas.” Jadi, setelah semua berjalan dengan baik, Pemda akan mendapatkan pajak dari hasil tersebut. Ke depan juga akan tumbuh sentra-sentra industri perekonomian yang baru.  (humas.nabirekab.go.id/PK33)

Suroso  Kamis, 3 Juni 2021 0:43
Potret Wajah Nasionalisme di Papua
Oleh: Emanuel You Nasionalisme adalah persatuan secara kelompok dari suatu bangsa yang mempunyai sejarah yang sama, bahasa yang sama, dan pe
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi
 Minggu, 30 Mei 2021 10:39
Bawaslu Kabupaten Nabire akan menggelar acara "Pencanangan Distrik Sadar Demokrasi" yang akan dilaksanakan pada : Hari/tanggal : Senin, 31 Mei 2021 Waktu : 15.00 WIT Tempat : Aula Kantor Distrik Wanggar
HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan