Home Papua Tengah Data Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Paniai Belum Berubah

Data Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Paniai Belum Berubah

Suroso  Minggu, 11 Oktober 2020 21:18
 Data Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Paniai Belum Berubah

PANIAI – Hasil Pengawasan pada Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2020, Kabupaten Paniai belum berubah.

Hal itu di sebabkan karena data updating dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Paniai belum diserahkan kepada KPU Paniai untuk dimutakhirkan dan disusun dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan tahun 2020.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Paniai, Martius Pigai, belum lama ini.

Ia menjelaskan, KPU tidak memiliki kewenangan untuk meminta data penduduk kepada Dukcapil, tetapi Dukcapil memiliki hak untuk mendapatkan data penduduk guna pembersihan data melalui pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Sesuai Amanat Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasal 201 (1) bahwa Pemerintah memberikan Data kependudukan hasil konsolidasi dalam 6 sekali kepada KPU sebagai bahan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Pemutakhiran data ini dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih dan untuk pemeliharaan data Pemilih oleh KPU sehingga dapat mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilu/pemilihan selanjutnya.

Pemutakhiran data dilakukan untuk mengupdate data pemilih sehingga memenuhi aspek komprehensif, akurat, dan mutakhir.

Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan setiap bulan, dengan memperhatikan penduduk yang pindah datang, pindah keluar, Pemilih pemula, Pemilih meninggal dan perubahan elemen data pemilih.

Untuk itu, Bawaslu Paniai telah memastikan dalam pengawasan pada setiap Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan 2020 mulai Bulan Januari-September (Triwulan I-III) bahwa Dalam Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih oleh KPU ditetapkan hanya hasil Pileg Tahun 2019, sebanyak 102.024.

Kondisi ini terus berlanjut maka KPU akan sulit untuk membersihkan Data Penduduk melalui Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan bisa timbul permasalahan-permasalahan data pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikut.

Bawaslu berharap kinerja Dukcapil Kabupaten Paniai bisa perbaiki dan diikuti sesuai petunjuk Undang-undang No 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, dalam hal pendataan penduduk berjalan secara baik di kabupaten Paniai.

Hal ini penting agar hasil Ubdetang bisa di serahkan kepada KPU sebagai bahan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan dalam Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan kedepan dapat terjadi perubahan-perubahan yang signifikan dan bisa terjawab harapan masyarakat, pemda dan juga penyelenggaran dalam menciptakan pemilu/Pemilihan berikut yang aman, Damai dan berkualitas di kabupaten Paniai. (Demianus Bunai)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 22:52
Selisih Waktu Sebulan Rapatkan Barisan Tak Ada Ruang Rahasia Lembaga KPU Nabire
Oleh: Donatus Degei      SEBUAH catatan ‘sangat amat penting’ perhatian serius penuh kesungguhan, merapatkan
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Grebek Rumah Warga Penampung PSK
Suroso  Jumat, 13 Nopember 2020 20:44
Sidang LKPJ Bupati Nabire Molor Setengah Hari
Suroso  Senin, 26 Oktober 2020 3:27
Penembakan Terjadi Lagi di Intanjaya
Suroso  Rabu, 7 Oktober 2020 21:42
TGPF Intan Jaya Langsung Kumpulkan Informasi
Suroso  Kamis, 8 Oktober 2020 23:18

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan