Home Pemda Dogiyai Disnakertrans Dogiyai Gandeng CV. Jepara Indah 2 Ciptakan SDM di Tiga Bidang

Disnakertrans Dogiyai Gandeng CV. Jepara Indah 2 Ciptakan SDM di Tiga Bidang

Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 23:47
Disnakertrans Dogiyai Gandeng CV. Jepara Indah 2 Ciptakan SDM di Tiga Bidang

NABIRE - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrnas) Kabupaten Dogiyai menggandeng CV. Jepara Indah 2, guna melatih dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP) asal Kabupaten Dogiyai untuk bersaing dan menciptakan lapangan kerja baru bagi OAP di bidang Meubeler dan Bangunan, serta Otomotif. 

Pelatihan meubeler, bangunan dan otomotif bagi OAP Kabupaten Dogiyai dibuka langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Dogiyai, Aser Bawotong, S.Pd.,M.Pd, Rabu (14/10) bertempat di CV. Jepara Indah 2 Jalan Poros Wadio Kabupaten Nabire. 

Turut hadir pula Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Dogiyai, Timotius Kamo, SE., kedua Pimpinan CV. Jepara Indah 2 (dua) Agus Irianto dan Hj. Nanik Farida, SH.,MH, serta 36 peserta pelatihan yang terbagi dalam tiga bidang, yakni bidang meubeler, bangunan dan otomotif. 

Dalam sambutannya, Kadisnakertrans Kabupaten Dogiyai mengatakan, bahwa pelatihan meubeler, bangunan dan otomotif bagi OAP Kabupaten Dogiyai merupakan program produktifitas Disnakretrans Kabupaten Dogiyai.

Dimana pelatihan ini dimaksudkan agar para peserta pelatihan dapat memperoleh hasil ketrampilan yang maksimal, memperoleh skil berkala dan setelah selesai pelatihan tersebut diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini di Kabupaten Dogiyai dengan membuka lapangan kerja baru bagi para peserta maupun bagi warga masyarakat Kabupaten Dogiyai. 

“Saya harap kepada semua peserta pelatihan, selama satu bulan penuh kedepan nanti peserta mengikuti pelatihan, saya hanya pesan untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan dapat dipertanggungjawabkan di tengah-tengah masyarakat.

Sebab kita adalah utusan orang-orang yang ada di Dogiyai, kita harus punya prinsip kenapa orang lain bisa, kita tidak bisa.

Kita adalah anak-anak negeri ini, yang punya kemampuan dan skil,” ungkapnya. 

Dirinya juga selaku Kepala Disnakertrans Kabupaten Dogiyai berkeyakinan kedepan, dengan terciptanya SDM yang baru di bidang otomootif, meubeler dan bangunan di Kabupaten Dogiyai, maka secara tidak langsung akan dilirik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dogiyai dan juga pihak swasta lainnya, untuk bisa bekerjasama dengan SDM OAP Dogiyai guna memenuhi kebutuhan meubeler, bangunan maupun otomotif di Kabupaten Dogiyai, yang nantinya akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat. 

“Kita sebagai OAP Dogiyai, harus bangga ketika nanti kita bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Dan selama pelayanan berlangsung saya harap panitia, peserta tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid -19.

Ini adalah kesempatan kita, mari kita manfaatkan kesempatan ini sebagai peluang kerja baru di wilayah Kabupaten Dogiyai,” tutur Aser Bawotong. 

Sementara itu, Pimpinan CV. Jepara Indah 2 (dua) Hj. Nanik Farida, SH.,MH dalam sambutannya mengatakan, kerjasama yang baik dan sudah terjalin selama ini dengan Pemda Kabupaten Dogiyai dalam hal ini Disnakertrans Kabupaten Dogiyai, merupakan sebuah kehormatan besar bagi CV. Jepara Indah 2, karena Disnakretrans Kabupaten Dogiyai dapat memberikan kepercayaan kepada CV. Jepara Indah 2 untuk melatih 36 Peserta OAP dalam bidang Bangunan dan meubeler asal Kabupaten Dogiyai. 

Katanya, maksud dan tujuan dari pada pelatihan tersebut adalah untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah Kabupaten Dogiyai.

Dan untuk mengatasi minimnya jumlah tenaga kerja konstruksi yang terlatih, serta kurang luasnya akses pelatihan tukang atau tenaga kerja konstruksi di lokasi yang belum terjangkau oleh lembaga pelatihan konstruksi. 

“Pelatihan ini adalah bentuk sinergitas antara Pemda Kabupaten Dogiyai dengan pihak swasta dalam hal ini CV. Jepara Indah Dua Nabire.

Dan kami berharap kerjasama ini bisa terus berkelanjutan dan berkesinambungan, karena dengan semakin terdidiknya para tukang ini, kedepan diharapkan ada peningkatan taraf hidup, termasuk peningkatan SDM dan juga peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya. 

Lanjutnya, dalam pelatihan tersebut para peserta akan dididik dan dilatih membuat kursi, meja dana lain-lain untuk peserta bidang meubeler.

Sedangkan, untuk tukang bangunan akan dilatih dan didik untuk membuat konstruksi bangunan rumah semi permanen tipe 36. 

“Jadi nanti kita akan buat rumah semi permanen tipe tiga enam dan meubelernya kita akan isi dengan meubeler yang sudah dibuat oleh para peserta.

Ini langkah cerdas dan patut diacungi jempol untuk Disnakertrans Kabupaten Dogiyai.

Karena ini nanti akan menjadi tenaga terampil dan profesional dan akan dibutuhkan oleh Kabupaten Dogiyai,” tambahnya. 

Selaku Pimpinan CV. Jepara Indah 2 berharap, bahwa program kerjasama pelatihan di bidang meubeler, bangunan dan juga otomotif khusus bagi OAP ini bisa diikuti oleh kabupaten-kabupaten lain yang ada di wilayah tengah Papua, seperti Kabupaten Intan Jaya, Deiyai, Paniai dan juga Nabire.

Karena, untuk menciptakan SDM yang berkualitas membutuhkan tempat pelatihan yang berkualitas pula. 

“Kami (CV. Jepara Indah Dua) siap bekerjasama dengan Pemda-Pemda yang ada di wilayah tengah Papua, karena program pelatihan bagi OAP ini sangat-sangat tepat sasaran dan pasti akan membuahkan sebuah terobosan baru di bidang perekonomian maupun ketersediaannya SDM yang bermutu dan berkualitas di Kabupaten tersebut,” pungas Nanik.(cad)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 22:52
Selisih Waktu Sebulan Rapatkan Barisan Tak Ada Ruang Rahasia Lembaga KPU Nabire
Oleh: Donatus Degei      SEBUAH catatan ‘sangat amat penting’ perhatian serius penuh kesungguhan, merapatkan
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Diduga Covid, Pasien Meninggal Dunia
Suroso  Kamis, 10 September 2020 11:22
KPU Nabire Bertemu Kubu Natalis Degei
Suroso  Senin, 14 September 2020 21:47
Pemda Wajib Umumkan Hasil CPNS 2018 dari Panselnas
Suroso  Rabu, 9 September 2020 21:14

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan