Home Nabire Jelang Tutup Buku, Nabire Belum Tetapkan APBD-P

Jelang Tutup Buku, Nabire Belum Tetapkan APBD-P

Suroso  Rabu, 18 Nopember 2020 22:13
Jelang Tutup Buku, Nabire Belum Tetapkan APBD-P

NABIRE – Jelang tutup buku tahun anggaran 2020, Nabire belum menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2020.

Hingga Rabu (18/11) siang, pemerintah eksekutif belum menyerahkan materi sidang APBD-P kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nabire sehingga dewan tidak menetapkan jadwal pembahasan dan penetapan APBD-P Kabupaten Nabire tahun anggaran 2020.

Beberapa anggota DPRD Nabire saat dikonfirmasi tentang materi APBD-P tahun anggaran 2020 mengatakan hingga saat ini, anggota belum menerima materi dari eksekutif.

Oleh karena itu, tidak tau kapan eksekutif akan mengantar materinya.

“Kita hanya menunggu,” tutur beberapa anggota dewan secara terpisah.

Agak lucu memang, jelang satu setengah bulan untuk tutup tahun anggaran, 31 Desember mendatang, pemerintah Nabire belum menetapkan kebutuhannya untuk menambah kekurangan dana, baik itu untuk menutupi dana yang sudah dipakai, utang piutang maupun kekurangan dana selama sisa waktu tahun anggaran ini. 

Sementara itu sisa waktu untuk tutup tahun anggaran, hanya 41 hari, termasuk 31 Desember 2020.

Sisa waktu ini, tanpa mengurangi enam hari tidak kerja (Sabtu) dan 6 hari Minggu ditambah hari libur saat pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2020, 9 Desember nanti.

Ditambah lagi dua hari pada hari Raya Natal 2020, belum termasuk libur fakultatif untuk Provinsi Papua yang ditetapkan Gubernur Papua.

Oleh karena itu, jika hanya menghitung hari kerja efektif hanya sekitar 25 hari, dikurangi dari hari tidak kerja, hari Minggu, hari Raya Natal dan hari pencoblosan Pilkada Serentak, belum termasuk libur fakultatif.

Perhitungan sederhana ini, tanpa membayangkan agenda internal dewan seperti pembahasan KUA/PPAS untuk tahun anggaran 2021, kunjungan ke distrik dan hearing bersama mitra dan keluar daerah. 

Membandingkan sisa waktu penyelesaian sisa anggaran 2020, termasuk tambahan melalui APBD-P, bakalan tidak akan ada dana untuk kegiatan fisik dan patut diprediksi APBD-P hanya untuk menambah sisa kekurangan dana yang harus dihabiskan dalam tahun anggaran ini.

Karena, untuk membiayai kegiatan yang memerlukan tenggang waktu, seperti pekerjaan fisik, mustahil tidak akan mampu diselesaikan, kecuali sulap.

Disamping APBD-P yang belum jelas kapan akan ditetapkan, Pemkab Nabire juga sudah harus menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 sebelum 31 Desember 2020.

Eksekutif bersama legislatif terpaksa marathon akan menyelesaikan dua agenda daerah tersebut selama tenggang waktu 41 hari tersisa.

Ataukah, APBD tahun 2021 kita menunggu Bupati Nabire hasil Pilkada Serentak 2020.

Tentu, hanya eksekutif melalui instansi yang menyiapkan materi APBD kabupaten dan legislatif yang menetapkan anggaran, akan menentukan, apakah dua agenda daerah ini akan diselesaikan dalam sisa waktu yang tersedia.

Padahal, Bupati Nabire, Isaias Douw usai penutupan Sidang Paripura Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nabire tahun anggaran 2019 lalu, telah mengingatkan eksekutif agar secepatnya menyiapkan materi APBD-P dan APBD tahun 2021, karena mau menetapkan APBD Kabupaten Nabire tahun anggaran 2021 mau ditetapkan sebelum berakhir masa jabatannya.

  Sementara itu, Tim Perumus Legislatif dan Eksekutif telah sepakat untuk pembahasan KUA/PPAS antara eksekutif dan legislatif sebelum ditetapkan melalui Sidang Paripurna.(ans)

Polling
Apakah anda setuju jika diberlakukan pembayaran parkir di sejumlah titik keramaian di dalam Kota Nabire ?
Suroso  Rabu, 14 Oktober 2020 22:52
Selisih Waktu Sebulan Rapatkan Barisan Tak Ada Ruang Rahasia Lembaga KPU Nabire
Oleh: Donatus Degei      SEBUAH catatan ‘sangat amat penting’ perhatian serius penuh kesungguhan, merapatkan
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Bupati Dogiyai Grebek Rumah Warga Penampung PSK
Suroso  Jumat, 13 Nopember 2020 20:44
Sidang LKPJ Bupati Nabire Molor Setengah Hari
Suroso  Senin, 26 Oktober 2020 3:27
Penembakan Terjadi Lagi di Intanjaya
Suroso  Rabu, 7 Oktober 2020 21:42
TGPF Intan Jaya Langsung Kumpulkan Informasi
Suroso  Kamis, 8 Oktober 2020 23:18

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan