Home Nabire DLH Akan Menutup TPS Karang Tumaritis

DLH Akan Menutup TPS Karang Tumaritis

Suroso  Selasa, 12 Januari 2021 21:35
DLH Akan Menutup TPS Karang Tumaritis

NABIRE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nabire akan menutup tempat pembuangan sampah (TPS) di Pasar Karang Tumaritis.

Karena mengganggu lalu lintas kendaraan dan tidak mendukung keindahan kota.

Warga bisa membuang sampah ke Oyehe di lokasi eks kantor DPRD Paniai atau di lokasi Terminal Antar Kabupaten di Bumi Wonorejo.

Dengan ditutupnya TPS Karang Tumaritis ditutup, semua TPS yang dibangun Distrik Nabire ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan mencadangkan tiga lokasi sementara yakni bagian Siriwini di TPS Sanoba Atas setelah Den Zipur XII OHH, lokasi eks kantor DPRD Paniai di Oyehe dan lokasi Terminal Antar Kabupaten di Bumi Wonorejo.

Kepala DLH Kabupaten Nabire, Onesimus Bonay di ruang kerjanya, Selasa (12/1) mengatakan DLH akan menutup TPS di Karang Tumaritis setelah menyiapkan area pembuangan sampah di dalam lokasi Terminal Antar Kabupaten di Bumi Wonorejo.

Karena, TPS tidak boleh ada di pinggir jalan raya. TPS yang sudah ada di dalam kota dibongkar merusak pemandangan kota dan keliru di dalam penempatan TPS.

Di Karang Tumaritis juga TPS berada di pinggir jalan sehingga akan dibongkar setelah menutup TPS di samping SMK Negeri 2 Bumi Wonorejo.

Ketika ditanya, sampah dari pasar khususnya sampah sisa jualan oleh mama-mama penjual, Ones panggilannya ini mengatakan sampah dari mama-mama penjual sedikit tetapi lebih banyak dari pedagang dan warga kota yang lain membuang sampah ke TPS tetapi hanya melego di samping TPS, bukan membuang ke dalam bak sampah.

Onesimus menilai, sampah kelihatannya banyak karena banyaknya karton yang seharusnya bisa dibakar.

“Karton sebetulnya bisa langsung dibakar saja,” tuturnya.

Menyinggung penutupan TPS di dalam kota tetapi warga masih saja membuang sampah di lokasi TPS yang sudah pernah ada, Kepala DLH mengatakan, ketika TPS di dekat Dinas Perhubungan dan Jalan Suci dibongkar, warga seharusnya bisa membuang sampahnya ke Oyehe di lokasi eks kantor DPRD Paniai dan TPS setelah Den Zipur XII di Sanoba Atas.

Sementara warga dari Kalibobo dan Kota Lama, juga warga dari wilayah lain membuang sampahnya di Oyehe, lokasi eks kantor DPRD Paniai, sebelah Terminal Oyehe.

  Onesimus mengimbau agar setiap warga saat membuang sampah ke lokasi TPS sementara agar merapikan sampahnya di dalam plastik atau karton untuk mempermudah pemuatan dan pengangkutan sampah oleh petugas ke tempat pembungan akhir (TPA) di Karadiri.

  Demikian juga ketika membuang sampah agar tidak melego disamping lokasi sementara tetapi membuang ke area yang disiapkan untuk sampah.

Karena, namanya sampah, pasti ada bauh dan tidak mengenakan sehingga pembuangannya di tempat yang disediakan pemerintah.(ans)

Suroso  Jumat, 15 Januari 2021 1:42
Disparitas Efek Pandemi di Papua
Tahun 2020 telah berlalu, berbagai kejutan tak terduga hadir dan terekam sebagai jejak kenangan di sepanjang tahun.Pertama kalinya dalam sat
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Rencana Operasi, PELNI Surati Bupati Nabire
Suroso  Jumat, 27 Nopember 2020 21:5
Bawaslu Putuskan Sejumlah TPS Lakukan PSU
Suroso  Jumat, 11 Desember 2020 0:9
Hasil Pleno KPU : Mesak-Ismail Unggul
Suroso  Kamis, 17 Desember 2020 20:17
KPU Nabire Lantik dan Bimtek KPPS
Suroso  Kamis, 3 Desember 2020 4:30
Natalis Tabuni Serahkan 9,5 M Ganti Rugi Hak Ulayat
Suroso  Selasa, 15 Desember 2020 20:1

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan