Home Pemda Nabire Bupati Nabire dan Rombongan Tinjau Pembangunan Bandara Baru

Bupati Nabire dan Rombongan Tinjau Pembangunan Bandara Baru

Suroso  Selasa, 19 Januari 2021 2:12
Bupati Nabire dan Rombongan Tinjau Pembangunan Bandara Baru

NABIRE – Bupati Nabire, Isaias Douw didampingi Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim dan sejumlah pejabat Pemkab Nabire, Senin (18/1) sore, meninjau pembangunan bandara baru di Karadiri.

Di lokasi pembangunan bandara baru, Bupati Isaias kepada awak media sempat membeberkan program kerja prioritas Pemkab Nabire pada masa kepemimpinannya.

Dikatakan Bupati Douw, di masa kepemimpinannya terdapat sedikitnya 14 program prioritas.

Tiga di antaranya adalah di bidang perhubungan pembangunan bandar udara Douw Aturure Karadiri yang merupakan salah satu dari tiga program prioritas di bidang perhubungan di masa kepemimpinannya, seperti bandar udara Douw Aturure Karadiri, Pengembangan Pelabuhan Penumpang dan Pelabuhan Konteiner.

“Ada 14 program prioritas kami, tiga ada di perhubungan yang merupakan skala prioritas,” kata Bupati Isaias kepada awak media.

Menurutnya, untuk pelabuhan kontainer awalnya direncanakan di Nusi tetapi setelah disurvei terdapat batu karang sehingga kapal tidak bisa masuk.

Karena itu, pihaknya akhirnya menyatukan pelabuhan container dengan pelabuhan penumpang di Samabusa, termasuk terminal penumpang di pelabuhan yang sudah rampung.

“Maka kedatangan hari ini untuk untuk melihat dan memastikan proses pengerjaannya sudah sejauh mana,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bandar udara Douw Aturure awalnya dibangun dengan menggunakan APBD Nabire, mulai dari penyiapan lahan, pembebasan lahan, penimbunan, serta penyiapan dokumen.

Total  anggaran yang disiapkan mencapai Rp145 milyar.

Kemudian dilanjutkan dengan proses lobi kepada kementerian perhubungan dan Bappenas baik lisan maupun tertulis.

Ia mengatakan Presiden Jokowi dan Kepala Bappenas pernah turun meninjau.

“Puji Tuhan, Presiden langsung respons dan perintahkan kepada Kepala Bapennas dan Menteri Perhubungan agar Bandara Nabire menjadi asset Nasional dan harus selesai tahun 2019,” lanjut Isaias.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan, Alpius Douw mengaku, proses pembangunan bandar udara Douw Aturure ini memakan waktu hamppir 10 tahun.

Sehingga, selanjutnya akan diselesaikan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2021.

Untuk tahun ini yang dikerjakan adalah runway sepanjang 1,6 KM, sisi darat bandara dan fasilitas penunjang lainnya termasuk jalan masuk ke bandara.

“Maka masih ada sisa 1 KM yang akan terus kami koordinasi dengan pusat hingga 2022 nanti.

Jadi untuk tahap pertama akan didarati oleh pesawat ATR, selanjutnya kalau sudah rampung keseluruhannya untuk 2,5 Kilometer maka tentunya akan turun juga pesawat berbadan besar,” tambah Alpius Douw.

Sementara itu, kunjungan Bupati Isaias ini didampingi sejumlah pejabat, diantaranya Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim, Kepala Dinas Perhubungan Alpius Douw, Kepala Bappeda Michael Danomira, Kepala Bagian Humas dan Protokol Yermias Degei, serta Kepala Bandar Udara Nabire. (ist/ros)

Suroso  Selasa, 2 Februari 2021 2:31
"Rasisme Dalam Kajian Psikoanalisis Freud"
Oleh: Abdy BusthanSecara sederhana, rasisme bisa diibaratkan sebagai iblis masa lalu yang terus menghantui siapa saja hingga kini.Ya, perbua
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan