Home Papua Tengah Penggunaan Penginapan Penguntingan Pita SMK Paniai

Penggunaan Penginapan Penguntingan Pita SMK Paniai

Suroso  Senin, 15 Februari 2021 22:14
 Penggunaan Penginapan Penguntingan Pita SMK Paniai

PANIAI - Beberapa waktu lalu, Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Paniai, Yulianus Kuwayo, melaksanakan penggutingan pita dan membuka pintu ruangan penginapan yang dibangun dengan dana Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Papua.

   Kepala SMK Negeri 1 Paniai, Yuliten Degei, M.Pd, menyebutkan dalam laporannya, memiliki lima jurusan teknik komputer telah siap alat dan ruangan praktek online, ada internet telah diuji coba.

Jurusan perhotelan, analis kesehatan, jurusan bio gas dan otomotif.

Ikut hadir dalam acara ini Pemerintah Kabupaten Paniai, Dinas Perpustakaan Arsip Paniai dan Pendidikan.

Dana yang dibantu dari Pemerintah Provinsi Papua, kata Yuliten Degei, tidak digunakan keperluan lain, namun dengan komitmennya bangun penginapan.

Dengan maksud siswa bukan datang belajar di kelas, melainkan mereka praktek disetiap ruangan siswa jurusan perhotelan, hal yang sama empat jurusan lain juga demikian.

  Siswa mesti berpikir sendiri untuk menghasilkan sesuatu, untuk kepentingan sendiri menciptakan pekerjaan sendiri, kemudian menghasilkan uang sendiri.

Yuliten Degei menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabid SMK, Yulianus Kuwayo, yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dogiyai.

Yulianus Kuwayo mengetahui Paniai sebagai kabupaten pertama di Wewodide dan telah membantunya dana dan sebuah mobil untuk mendukung kelancaran kemajuan sekolah.

Dan telah dilakukan perubahan nomenklatur kelembagaan sekolah, verifikasi kelembagaan, perubahan nomenklatur, kata Yulianus  Kuwayo, untuk menyeimbangi SMK daerah yang sudah maju, sepertinya pengalaman dan pendidikan harus ada persiapaan seperti Paniai , maka itu pemerintah sudah bangun 7 buah sekolah  SMK di wilayah Meepago .

  SMK harus memiliki ruang pendidikan dan ruang praktek. Maksud tersebut di Paniai disiapkan penginapan  berpola hotel, supaya siswa bisa praktek disitu.

Mobil yang pemerintah propinsi diserahkan tadi siswa  belajar bongkar pasang.

Jurusan lain pun sama.

Siswa belajar menghasikan sesuatu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Menghasilkan atau mendatangkan uang sendiri.

  “SMK tujuan pada akhirnya seperti itu.

Prospek kedepan peluang besar  dengan adanya tiga danau, yakni Paniai, Tigi dan Tage.

Wisatawan bila berkunjung , sudah ada penginapan pasti mereka bermalam disini karena ada ruang rapat,” katanya.

Kuwayo mengharapkan “SMK Bisa”, melalui bidang peternakan ayam potong, petelor dan babi.

Mendatangkan keuntungan yang besar bila kerja keras dan ulet. Butuh dukungan pemerintah daerah.

Perjalanan dinas Kabid SMK, Yulianus Kuwayo pada siang hari menyerahan mobil operasional jurusan teknik otomotif SMK Negeri 1 Kabupaten Deiyai.

Turut menyaksikan serah terima jabatan kepala sekolah dari pejabat lama Micael Edowai, .SPd kepada pejabat baru Deki Dogopia.

  Ikut hadir dalam acara serah terima jabatan, Pemerintah Kabupaten Deiyai  Nataniel Pekai, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua DPRD Kabupaten Deiyai, Petrus Badokapa, S.Th, dewan guru dan para siwa SMK Deiyai.(don)

Suroso  Selasa, 2 Februari 2021 2:31
"Rasisme Dalam Kajian Psikoanalisis Freud"
Oleh: Abdy BusthanSecara sederhana, rasisme bisa diibaratkan sebagai iblis masa lalu yang terus menghantui siapa saja hingga kini.Ya, perbua
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan