Home Nabire Pj Bupati Seriusi Data Pemilih

Pj Bupati Seriusi Data Pemilih

Suroso  Selasa, 6 April 2021 20:35
Pj Bupati Seriusi Data Pemilih

NABIRE – Penjabat Bupati Nabire, dr. Anton T. Mote menginginkan agar pelaksanaan PSU Pilkada Nabire didasarkan pada DPT yang valid. Hal ini terlihat dari beberapa kali rapat koordinasi yang digagasnya, persoalan DPT masih menjadi isu sentral yang menjadi agenda pembahasan. Hal yang sama juga terlihat pada pertemuan terbatas di ruang kerja Penjabat Bupati Nabire, Selasa (7/4/21) siang kemarin. Lagi-lagi, Penjabat Bupati Nabire mengudang sejumlah pihak terkait untuk membahas secara detail hal-hal yang muaranya untuk mendapatkan DPT valid yang akan digunakan pada PSU Pilkada Nabire mendatang.

Pertemuan di ruang kerja bupati dihadiri Komisioner KPU bersama jajarannya, Komisioner Bawaslu Papua, Komisioner Bawaslu Nabire, Kepala Dinas Dukcapil Nabire beserta jajarannya, dan pihak terkait lainnya. Sejak awal pertemuan, Penjabat Bupati lebih menekankan saling berkoordinasi para pihak ini untuk menuju tercapainya DPT yang valid pada PSU Pilkada mendatang. Penjabat Bupati Nabire juga mewanti-wanti agar dari proses awal hingga ditetapkannya DPT harus sesuai dengan apa yang diputuskan Mahkamah Konstitusi.

Pantauan Papuapos Nabire dalam pertemuan, sejumlah agenda dibahas dalam pertemuan itu. Diawali dengan informasi dari KPU Nabire jika pihaknya telah menetapkan tahapan program dan jadwal pelaksanaan PSU Pilkada Nabire 2020.

Berkaitan dengan data pemilih, pihak pelaksana akan menganalisa DPT tahun 2019 dan DP4 tahun 2020. Dimana data ini akan disandingkan dengan data DPT Pemilu 2019, dengan mengecek kegandaan, mengecek pemilih yang belum menikah dan data invalid seperti umur lebih dari 100 tahun, mengecek NIK, serta status kependudukan. 

Sementara itu, pemutakhiran data DP4 tahun 2020 dengan jumlah 115.877 jiwa, akan disinkronkan dengan DPT Pemilu 2019 yang berjumlah 188.081 jiwa. Dan tentunya data ini perlu disinkronkan dengan data Dukcapil Nabire.

Sementara itu DP4 yang ada di KPU Nabire itu datanya bersumber dari Dirjen Dukcapil, dan perlu adanya verifikasi data DPT tahun 2019 yang sudah dianalisa di Dukcapil Nabire.

Yang menarik dari informasi yang disampaikan Dinas Dukcapil Nabire, dari data DP4 sebanyak 115.877 jiwa, ternyata belum semuanya melakukan perekaman e-KTP. Data Dukcapil Nabire per tanggal 31 Maret 2021, data penduduk yang memiliki e-KKTP berjumlah 89.901 jiwa yang melakukan perekaman di Nabire. Sementara sebanyak 25.240 jiwa itu belum melakukan perekaman e-KTP. Hal ini sempat menjadi pembahasan untuk bagaimana Dinas Dukcapil bisa memberikan pelayanan perekaman terhadap 25.240 jiwa yang terdata dalam DP4 tahun 2020. Tentu saja, jumlah penduduk yang sudah melakukan perekaman dan yang belum melakukan perekaman yang ada di dalam DP4 itu, jumlahnya bisa berkurang jika hanya diambil pada batas waktu tanggal 9 Desember 2020.

Selain itu, dalam pertemuan itu juga ditegaskan perlunya sosialisasi sistim pemilihan langsung dalam PSU Pilkada Nabire mendatang seperti diamanatkan dalam putusan MK. (ros/eby)

Suroso  Selasa, 2 Februari 2021 2:31
"Rasisme Dalam Kajian Psikoanalisis Freud"
Oleh: Abdy BusthanSecara sederhana, rasisme bisa diibaratkan sebagai iblis masa lalu yang terus menghantui siapa saja hingga kini.Ya, perbua
Suroso  Selasa, 8 September 2020 9:28
WILLPOWER PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN, PERSEPSI PEMUDA RANTAU ASAL ASSOYELIPELE, WALESI, WAMENA
 Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd Masih dalam memaknai kemerdekaan, pemuda, perjuangan dan pendidikan, adalah 3 kata yang sangat erat ko
Agenda Nabire
JADWAL MUSYAWARAH SENGKETA PILKADA NABIRE 2020
 Senin, 10 Agustus 2020 3:30

SIDANG PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA NABIRE TAHUN 2020

 

Akan digelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020 :

Tempat : Kantor Bawaslu Nabire, Jl. PDAM Nabire

Pukul  : 11.00 s/d Selesai, 14.00 s/d selesai

Agenda : Jawaban Termohon (KPU Nabire)

 

 

HAHAEEE...
Tanah milik KODIM dan POLRES
 Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Info Loker

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan