KPU Nabire Sosialisasi Pemilu Caleg 2014

NABIRE – Bertempat di ruang pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire, Rabu (27/3), mengadakan sosialisasi tentang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014, perubahan tahapan Pemilu, penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan proses pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD Pemilu tahun 2014.

 

 

Sosialisasi ini diikuti beberapa partai peserta Pemilu, diantaranya Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan dari perwakilan Muspida Nabire.

 

Dari kegiatan tersebut, terkemukan dan sempat disampaikan terkait waktu pendaftaran untuk Calon Legislatif (Caleg) yang dijadwalkan akan dibuka tanggal 9 – 22 April dan  pihak KPU juga menerangkan syarat-syarat yang harus ditempuh bakal Caleg 2014 Kabupaten Nabire nantinya.

 

Berdasarkan peraturan KPU Nomor  7 tahun 2013 tentang Pencalonan DPR, DPD, dan DPRD diantaranya syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta Caleg, yaitu harus menyerahkan fotocopy ijasah SLTA yang sudah diligalisir (wajib), terdaftar sebagai pemilih, bersedia kerja penuh waktu, bersedia tidak merangkap jabatan dan lain-lain.

 

“Apabila syarat-syarat itu tidak terpenuhi sampai pada proses perbaikan, ya pihak KPU tidak akan menerima,” ungkap salah anggota Ketua KPU Nabire, Valentin Wayar pada sosialisasi tersebut.

 

Banyak pula terungkap dan disosialisasi pada kegiatan tersebut oleh KPU Nabire selaku pihak penyelenggara. Yang jelas KPU Nabire telah mensosialisasikan tentang penyelenggaraan Pemilu Legislatif, baik itu Peraturan KPU Nomor 06 dan 07 tahun 2013, maupun Keputusan KPU Nomor 124 Tahun 2013. (wan)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2