40 Orang Pengurus Orsos Ikuti Bimbingan Pemantapan Manajemen

NABIRE - Sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari pengurus Organisasi Sosial (Orsos), Yayasan dan Panti Sosial pada Jumat(3/7) mengikuti kegiatan bimbingan Pemantapan Manajemen yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua di Nabire dan kegiatan bimbingan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nabire.

Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua Ribka Haluk,S.Sos.MM yang dibacakan Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Dinas Sosial Nabire Sakeus Petege,SE.,MP mengatakan, kehadiran lembaga kesejahteraan sosial/Orsos sebagai mitra pemerintah dalam bidang kesejahteraan sosial.
Sebab, dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sosial dan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 184 Tahun 2011 telah membawa perubahan dari istilah organisasi sosial menjadi lembaga kesejahteraan sosial yang tentunya secara fungsional membutuhkan rekontruksi atas pendekatan organisasi sosial menjadi lembaga kesejahteraan sosial.
Tidak mengherankan jika perubahan ini membutuhkan reorientasi, reposisi dan revitalisasi pemberdayaan lembaga kesejahteraan sosial yang berorientasi pada optimalisasi pendayagunaan peran lembaga kesejahteraan sosial beserta jaringan sosialnya di lingkungan masyarakat.
Lanjutnya, pemerintah menyadari bahwa kehadiran lembaga sosial, yayasan dan panti sosial sebagai wadah partisipasi sosial masyarakat yang secara aktif membantu pemerintah bekerja sama menyelenggarakan kegiatan di bidang kesejahteraan sosial dalam bentuk pelayanan dan perlindungan sosial kepada kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan guna memacu semangat kebersamaan dalam rangka menyelesaikan persoalan-persoalan yang timbul dalam masyarakat.
Kwalitas dan jangkauan pelayanan sosial sebagai pelaku / pelaksanaan terdepan penyelenggaraan kegiatan kesejahteraan sosial di masyarakat dan perkembangan permasalahan sosial yang cenderung meningkat, bersamaan dengan kemajuan dan perubahan yang begitu cepat mendorong pemerintah untuk berusaha bekerjasama dengan berbagai pihak guna menangani dan menyelesaikan permasalahan sosial yang timbul di lingkungan masyarakat.
Untuk itu, jelasnya, kegiatan pemantapan manajemen bagi pengurus lembaga kesejahteraan sosial dari, Orsos, yayasan dan panti sosial yang kita laksanakan saat ini adalah bentuk dukungan pemerintah terhadap lembaga-lembaga ini dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan sosial dalam penanganan permasalahan sosial, baik didalam maupun diluar.
Dan kegiatan bimbingan pemantapan manajemen bagi pengurus lembaga kesejahteraan sosial di Kabupaten Nabire ini menghadirkan seorang narasumber sebagai penyaji materi yakni Johanis Moniharapon, M.Si yang juga adalah Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua. (des)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2