Menuju 20 Juli, Persiapan Muskab DPD KNPI Capai 90 %

NABIRE - Musyawarah Kabupaten (Muskab) Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Nabire dijadwalkan akan berlangsung tanggal 20 Juli 2015 mendatang. Persiapan menuju Muskab itu telah mencapai 90 persen. Hal itu diungkapkan panitia pelaksana Muskab DPD KNPI Kabupaten Nabire, baik Sterring Committee (SC) maupun Organiting Committee (OC).

Ketua SC, Ir. JS. Maniani, didampingi anggotanya Pawitra, Kamis (9/7) di Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Nabire mengatakan, segala persiapan menuju Muskab DPD KNPI Kabupaten Nabire telah mencapai 90 %. “Semua sudah siap, hari ini kita akan lakukan penjaringan Bakal Ketua DPD KNPI, selanjutnya dilakukan verifikasi,”  ungkapnya.
Diterangkan JS. Maniani, pada dasarnya Muskab DPD KNPI itu dilaksanakan pertama, untuk melakukan evaluasi terhadap proram-program periode yag lalu (tahun lalu). Kedua, untuk merumuskan program-program DPD KNPI 3 tahun kedepan dan ketiga, memilih pengurus DPD KNPI yang baru.
Terangnya, persiapan yang sudah dilaksanakan adalah menjaring peserta dan peninjau Muskab yang terdiri dari OKP dan Pengurus KNPI Distrik.
OKP yang memenuhi syarat ada 3 yaitu Pemuda Panca Marga, Nasyatul Aisyiyyah dan Pemuda Pancasila. Namun untuk Pemuda Pancasila tidak berhak untuk mengajukan bakal calon ketua. Walapun mempunyai hak bicara dalam forum, kehadiran Pemuda Pancasila hanya sebagai peserta.
Menurut SC, tidak adanya hak mengajukan calon ketua, pasalnya organisasi Pemuda Pancasila masih terjadi pro kontra antar pengurusnya.
Sementara untuk bakal calon Ketua DPD KNPI ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, disamping memiliki dedikasi, integritas, kredibilitas, mampu mengelola dan loyal terhadap organisasi DPD KNPI juga pernah menjadi pengurus organisasi baik KNPI maupun OKP dua periode berturut-turut.
Dari hasil verifikasi yag telah dilakukan oleh SC, sebanyak 14 pengurus distrik, DPD KNPI provinsi dan kabupaten serta 2 OKP masuk dalam daftar peserta Muskab, sedangkan satu distrik dan 3 OKP masuk dalam jajaran peninjau.
Sesuai dengan Keputusan Sterring Committee Nomor 01/SC-KNPI/NBR/VII/2015, peserta Muskab XII DPD KNPI Kabupaten Nabire terdiri atas, DPD KNPI Provinsi Papua, DPD KNPI Kabupaten Nabire, MPI Kabupaten Nabire, Macab Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Nabire, Pimda Nasyatul Aisyiyyah, MPC Pemuda Pancasila, PD KNPI Makimi, Wanggar, Nabire, Nabire Barat, Yaro, Yaur, Teluk Umar, Uwapa, Siriwo, Dipa, Menou, Teluk Kimi, Napan dan PD KNPI Wapoga.
Sedangkan untuk peninjau terdiri atas Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kabupaten Nabire, Ikatan Pelajar Muhammadiyyah (IKM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Distrik Moora.
Sementara itu, ketua panitia pelaksana Muskab XII DPD KNPI  Kabupaten Nabire, L. Niwari menyatakan bahwa persiapan menuju Muskab hampir rampung, semua yang bersifat administrasi telah dirampungkan, tinggal menunggu hari H-nya, tanggal 20 Juli mendatang. “Persiapan kami sudah hampir rampung dan kita tinggal menunggu hari pelaksanaanya saja,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Ketua SC, Maniani mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh peserta Muskab secara umum generasi muda Kabupaten Nabire untuk menjaga keamanan dan ketertiban daerah dan bersama-sama menyukseskan Muskab XII DPD KNPI Kabupaten Nabire. (iing elsa)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2