50 Orang Taruna Ikut Pelatihan Siaga Bencana

NABIRE - Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Nabire selama tiga hari melakukan kegiatan pelatihan bencana yang diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari anggota karang taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), anggota masyarakat dan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkup Dinas Kesejahteraan Sosial Nabire.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu melibatkan 4 orang instruktur masing-masing satu orang instruktur dari Kompak dan 3 orang dari Badan Sar Nasional (Basarnas) Nabire dengan materiĀ  satu hari materi dalam ruangan berupa teoriĀ  dan 2 hari dengan materi praktek yang meliputi cara menolong korban, longsor, gempa, korban tenggelam, korban kebakaran dan pembangunan tenda atau Posko.
Diharapkan dengan adanya pelatihan siaga bencana yang diikuti oleh 50 orang taruna siaga bencana ini kedepan, ada tenaga-tenaga bencana yang tersebar di sejumlah distrik dan kampung sebagai ujung tombak yang nantinya bertugas membantu masyarakat, jika ada bencana di daerah ini.
Untuk itu pelatihan ini bukan saja peserta diberikan materi dalam ruangan, akan tetapi langsung dilakukan praktek pertolongan korban bencana alam seperti gempa, tanah longsor, banjir, korban tenggelam di laut, di sungai dan pertolongan bagi korban yang ditimpa kebakaran dan juga cara menanggulanginya.
Dengan demikian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini akan ditutup pada Jumat (10/7) dengan harapan pelatihan ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat, sehingga kedepan akan ada kader-kader siaga bencana yang tersebar di semua distrik dan kampung dan bisa memberikan bantuan bagi masyarakat jika ada bencana. (des)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2