Hari Kedua, 4 Pasang Balon Daftarkan Diri ke KPU

NABIRE - Memasuki hari kedua pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire, Selasa (27/7) tiga pasangan calon dari perseorangan dan satu pasangan calon dari Partai Politik (Parpol) akhirnya resmi mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Nabire.

 

Ketiga pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire, yang resmi mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Nabire yakni, pasangan Peter F. Worabay-Sunaryo, S.Sos yang mendaftar pada pukul 09.00 WIT. Pasangan Zonggonau A.,A.Md, SP, M.Si-Drs. Isak Mandosir yang mendaftar pukul 11.00 WIT dan pasangan Hendrik Andoi-Stefanus Iyai yang mendaftar pada pukul 13.30 WIT. Sedangkan, pasangan Decky Kayame, SE-Drs. Adauktus Takerubun yang meju lewat jalur Parpol memilih mendaftar pada pukul 14.55 WIT. 

Dari keempat calon kandidat bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke Kantor KPU Kabupaten Nabire, semua Balon masih harus melengkapi beberapa persyaratan yang belum lengkap dan wajib dilengkapi, serta diserahkan kepada KPU Kabupaten Nabire hingga batas waktu yang sudah ditentukan. 

Pendaftaran calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire di hari kedua, berjalan aman, tertib dan lancar. Para kandidat yang datang mendaftarkan diri ke KPU datang bersama para tim sukses dan simpatisan maupun pendukung calon masing-masing. Para calon kandidat yang datang mendaftar ke KPU Kabupaten Nabire, datang dengan diantar oleh seluruh tim sukses maupun pendukungnya, dengan berbagai ciri khas yang ditampilkan oleh masing-masing kandidat. Ada yang menggunakan corak khas Papua, maupun corak khas dari daerah lain. 

Kedatangan para kandidat yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kabupaten Nabire diterima langsung oleh seluruh Komisoner KPU Kabupaten Nabire, serta Komisioner KPU Provinsi Papua yang juga merupakan Korwil III Papua, Izak Rendy. Selanjutnya, para calon kandidat dipersilahkan untuk masuk ke Kantor KPU dengan didamping 20 orang tim sukses, guna melakukan pemeriksaan berkas dukungan calon, sehingga dari hasil pemeriksaan berkas dukungan calon tersebut, KPU bisa mengetahui syarat-syarat apa saja yang belum lengkap dan syarat-syarat apa saja yang sudah lengkap, serta hasil pemeriksaan berkas pencalonan akan diberitahukan langsung kepada para calon kandidat, untuk selanjutnya diketahui dan dilengkapi, bagi para kandidat yang masih belum melengkapi persyaratan pencalonan. 

Setelah melakukan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati ke Kantor KPU Kabupaten Nabire, para kandidat diberikan waktu untuk menyampaikan hal-hal yang terkait dengan hasil pemeriksaan berkas calon yang dilakukan oleh pihak KPU kepada para pendukung calon kandidat. Sehingga, dari hasil pemeriksaan berkas pencalonan tersebut, para kandidat dan pendukung mengetahui hal-hal atau syarat–syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh masing-masing calon kandidat.

Akhirnya, tepat pukul 16.00 WIT pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire di hari kedua resmi ditutup oleh KPU Kabupaten Nabire dan akan dilanjutkan pagi ini, Selasa (28) mulai pukul 08.00 Wit sampai dengan jam 4 sore, yang merupakan hari terakhir pendaftaran calon kandidat.

Data yang dihimpun dari KPU Nabire menyebutkan, pasangan Peter F. Worabay-Sunaryo, S.Sos dengan jumlah dukungan 15.881 (9,71%), pasangan Zonggonau A.,A.Md, SP, M.Si-Drs. Isak Mandosir dengan jumlah dukungan 13.235 (8,0%), pasangan Hendrik Andoi-Stefanus Iyai dengan jumlah dukungan 18.979 (11,61%), pasangan Decky Kayame, SE-Drs. Adauktus Takerubun yang diusung koalisi partai politik masing-masing, PKS (1 kursi), PDIP (3 kursi), PAN (3 kursi), PPP (2 kursi), Demokrat (3 kursi) dengan jumlah prosentasi sebesar 48%. Menurut informasi, pasangan ini masih akan menunggu dukungan lagi dari Partai Golkar.

 

Hari Ini Rencana 4 Calon Daftar

Sementara itu, Selasa (28/7) hari ini, dijadwalkan akan ada 4 pasangan calon lagi yang akan mendaftar ke KPU Nabire. Dari keempat pasangan calon itu, dua pasangan dari jalur perseorangan dan dua pasangan calon yang diusung oleh gabungan partai politik. (cad/ros)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2