Di Hari Terakhir Pendaftaran Pilkada, 4 Paslon Terdaftar

NABIRE – Di hari terakhir pendaftaran Pilkada Kabupaten Nabire tahun 2015, Selasa (28/7), ada 4 pasangan calon (Paslon) yang terdaftar di KPU Kabupaten Nabire. Keempat pasangan calon yang sudah terdaftar di hari terakhir pendaftaran itu masing-masing pasangan calon Drs. Fabianus Yobee-Yusuf Kobepa, SH, MM, Yakob Panus Jingga, MT-Melki Sedek FI Rumawi, Isaias Douw, S.Sos-Amirullah Hasyim, SI, dan pasangan calon Drs. Ayub Kayame-H. Suwarno Majid. Sementara itu, ada 3 pasangan calon yang akhirnya tidak terdaftar karena calon dan berkas pencalonannya tidak lengkap.

 

Pantuan media ini di Kantor KPU Nabire saat pendaftaran, pasangan calon yang pertama hadir di hari terakhir pendaftaran, yakni pasangan calon Drs. Fabianus Yobee-Yusuf Kobepa, SH, MM. Pasangan yang maju diusung oleh gabungan partai politik ini tiba di Kantor KPU Nabire sekitar pukul 09.35 WIT. Saat mendaftar memasukan dukungan sebanyak 5 Parpol masing-masing, Nasdem (3 kursi), Golkar (3 kursi), PKPI (1 kursi), Gerindra (1 kursi), dan PPP (2 kursi). Hanya saja untuk keempat partai, yakni Nasdem, PKPI, Gerindra, dan PPP tidak disertai dengan SK pusat persetujuan calon. 

Pada pukul 11.15 WIT, pasangan Yakob Panus Jingga, MT-Melki Sedek FI Rumawi tiba di Kantor KPU Nabire untuk mendaftarkan diri.  Pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan ini saat mendaftar dengan jumlah dukungan sebanyak 7.243 (4,43%).

Pada pukul 11.55 WIT, pasangan Isaias Douw, S.Sos-Amirullah Hasyim, SI yang maju dari jalur Parpol tiba di Kantor KPU Nabire. Saat mendaftar, pasangan ini menyertakan dukungan dari 5 Parpol masing-masing, PKB (4 kursi), Hanura (1 kursi), Gerindra (1 kursi), Nasdem (3 kursi), dan PKPI (1 kursi). Dari sejumlah Parpol yang terlampir dalam dukungan, ada dua Parpol yakni Nasdem dan PKPI surat pencalonan tidak ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPC.

Pasangan calon keempat yang mendaftar di Kantor KPU Nabire, yakni pasangan Drs. Ayub Kayame-H. Suwarno Majid. Pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan ini tiba di Kantor KPU Nabire sekitar pukul 12.30 WIT. Pasangan ini maju dengan jumlah dukungan sebanyak 17.070 (10,44%).

Dari data yang dihimpun media ini, ada sejumlah partai politik yang tercatat mendukung lebih dari satu pasangan calon. Selain itu, ada juga pasangan calon dari jalur perseorangan yang masih kurang jumlah dukungannya.

Selain keempat pasangan calon yang sudah terdaftar, di hari terakhir pendaftaran kemarin juga ada 3 pasangan calon lain yang sempat datang ke Kantor KPU Nabire untuk mendaftar. Hanya saja, dari ketiga pasangan calon yang awalnya akan maju dari jalur dukungan Parpol itu, akhirnya tidak terdaftar. Ketiga pasangan calon tersebut saat datang mendaftar masih kekurangan sejumlah berkas pencalonan maupun calon. Ada yang mendaftar tanpa didampingi calon bupati, ada yang tanpa didampingi calon wakil bupati, dan ada juga pasangan calon yang belum lengkap persyaratan dukungan partai politiknya.

Ketua KPU Nabire, Petrus Rumere, S.Sos, M.Si, menuturkan, tahapan pendaftaran sudah dilaksanakan sesuai jadwal yang ada. Pendaftaran dibuka sejak hari Minggu (26/7) dan ditutup pada Selasa (28/7) pada pukul 16.00 WIT. Pasangan calon yang sudah terdaftar sejak dibukanya pendaftaran hingga pendaftaran ditutup sebanyak 8 pasangan calon. Di hari kedua pendaftaran, ada 4 pasangan calon yang sudah terdaftar. Dan di hari terakhir pendaftaran, juga ada 4 pasangan calon yang sudah terdaftar.

“Sore ini tepat pukul 16.00 WIT, sesuai aturan, pendaftaran secara resmi sudah ditutup. Untuk selanjutnya, berkas persyaratan pasangan calon yang sudah terdaftar akan ditindaklanjuti dengan tahapan selanjutnya,” ujar Petrus Rumere.

Dirinya menekankan kepada semua pihak agar turut serta mensukseskan Pilkada Kabupaten Nabire, yang hari ‘H’ pencoblosannya akan jatuh pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang. Tidak kalah pentingnya, tekan Rumere, wajib hukumnya bagi semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan daerah ini. 

 

Delapan Paslon Terdaftar 

 

Sekedar informasi, hingga ditutupnya pendaftaran Pilkada Kabupaten Nabire, ada 8 pasangan calon yang sudah terdaftar. Di hari kedua pendaftaran, Senin (27/7), 4 pasangan calon yang terdaftar masing-masing pasangan Peter F. Worabay-Sunaryo, S.Sos (jalur perseorangan), pasangan Zonggonau A.,A.Md, SP, M.Si-Drs. Isak Mandosir (jalur perseorangan), pasangan Hendrik Andoi-Stefanus Iyai (jalur perseorangan), dan pasangan Decky Kayame, SE-Drs. Adauktus Takerubun (diusung Parpol).

Di hari terakhir pendaftaran, Selasa (28/7), ada 4 pasangan calon yang sudah terdaftar. Keempat pasangan calon itu, pasangan Drs. Fabianus Yobee-Yusuf Kobepa, SH, MM (diusung Parpol), pasangan Yakob Panus Jingga, MT-Melki Sedek FI Rumawi (jalur perseorangan), pasangan Isaias Douw, S.Sos-Amirullah Hasyim, SI (diusung Parpol), dan pasangan Drs. Ayub Kayame-H. Suwarno Majid (jalur perseorangan). (ros)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2