Isu Tim dari Jayapura Kumpulkan Foto Caleg DPRP Papua, Tak Benar

 

NABIRE – Belakangan ini tersebar isu melalui pesan pendek (SMS) yang menyebutkan adanya tim dari Jayapura ke Nabire untuk mengumpulkan data foto-foto para calon DPRP Provinsi Papua Tengah. Isu ini ditanggapi serius pejuang pemekaran Provinsi Papua Tengah, Drs. Anselmus Petrus Youw, M.Si.

 

 

“Saya himbau masyarakat tidak boleh terima isu murahan. Belum ada Provinsi Papua Tengah kok harus dahulukan dengan DPRP. Ini hal baru yang terjadi, maka saya harapkan masyarakat tidak perlu percaya dengan isu-isu itu. Ibarat seorang ibu yang sedang mengandung belum bisa memberikan nama anak yang ada dalam perut sebelum lahir,” ujar AP Youw kepada media ini, Rabu kemarin di kediamannya.

 

Pada kesempatan itu, AP Youw juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin tahu perkembangan terakhir pembentukan Papua Tengah diharapkan datang menanyakan langsung kepada Drs. Anselmus Petrus Youw, M.Si di Jalan Pepera Nabire untuk mendapat penjelasan kapan, sejauh mana perkembangan Papua Tengah. Karena yang perjuangkan kehadiran Papua Tengah adalah dirinya sendiri sejak tahun 2001 sampai saat ini, sehingga yang tahu dan bisa dapat menjelaskan adalah AP Youw sendiri. Dalam perjuangan ini tidak ada yang sama-sama berjuang dalam pembentukan Provinsi Papua Tengah itu.

 

Dijelaskan gambaran singkat perjuangan Papua Tengah, pada tangal 23 November 2012 lalu, Mendagri, Menkeu, Bappenas, BIN, BAIS, Kaukus Papua di Parlemen, diselenggarakan Rakernas di ruang GBHN gedung DPR RI yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh DPD-RI. Dari Rakernas itu disetujui akan dibentuk 3 provinsi di Papua tahun 2013. Dengan syarat-syarat harus penuhi sesuai persyaratan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor : 78 Tahun 2007.

 

Hasil Rakernas ini ditindaklanjuti oleh Komisi II DPR-RI. Dimana pada tangal 19 Maret 2013 diselenggarakan dengar pendapat tentang pemekaran di Papua dan Papua Barat. Dengar pendapat ini diikuti Gubernur Papua dan Papua Barat, DPRP Papua dan Papua Barat, MRP Papua dan Papua Barat, para bupati dan walikota Papua dan Papua Barat, Kaukus Papua di parlemen, utusan DPD Dapil Papua. Dengar pendapat beragendakan bicara tentang pembentukan 3 provinsi. Para gubernur dan peserta pertemuan ini meminta ke pemerintah RI untuk memberikan hadiah 50 tahun Papua integrasi ke NKRI tanggal 1 Mei 1963 – 1 Mei 2013.

 

“Tangapan Komisi II DPR-RI tidak berjanji terhadap permintaan rakyat Papua, tapi hal ini menjadi “PR” Komisi II DPR-RI atau pemerintah pusat untuk menjawab permintaan rakyat Papua ini,” tutur AP Youw.

 

Tiga provinsi yang disepakati tergantung pada tim perjuangan pembentukan provinsi untuk memenuhi ketentuan yang diatur sesuai PP Nomor : 78 Tahun 2007. Khusus untuk Papua Tengah telah penuhi semua syarat sesuai PP Nomor : 78 Tahun 2007, sehingga tidak ada yang menolak atau menunda realisasi Provinsi Papua Tengah. Kecuali jika tidak memiliki rekomendasi dari gubernur dan Surat Keputusan (SK) dari gubernur serta rekomendasi MRP. Karena Papua Tengah sudah lengkap syaratnya, maka kita tetap perjuangkan Papua Tengah, harus dibentuk dalam kesempatan pertama.

 

Lanjut AP Youw, demi lancarnya pengurusan realisasi Provinsi Papua Tengah, pihaknya sebagai tim pemekaran memohon kepada pemerintah provinsi induk dan pemerintah kabupaten wilayah pemekaran untuk mebantu dana pengurusan sesuai yang diamanatkan oleh PP Nomor : 78 Tahun 2007. Pada pasal 26 tentang pendanaan, ayat pertama menyebutkan, dana yang diperlukan dalam rangka membentuk provinsi menjadi beban APBD provinsi induk dan APBD kabupaten/kota yang menjadi cakupan wilayah pemekaran. (ros)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2