1 M Perkampung Dikucurkan Bertahap

NABIRE – Alokasi dana pembangunan kampung yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp. 1 miliar per kampung tiap tahun anggaran, akan dikucurkan secara bertahap. Dana tersebut akan dikucurkan secara bertahap mulai tahun anggaran 2015.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (BPMK) Kabupaten Nabire, Menase Yoteni, SH di lingkungan Sekretriat DPRD Nabire, Jumat (14/8) mengatakan Presiden Joko Widodo menjanjikan akan mengalokasi dana Rp. 1 miliar setiap tahun anggaran kepada setiap kampung. Tetapi, untuk realisasinya tidak akan dibayar Rp. 1 miliar tiap tahun tetapi akan dibayar secara bertahap. “Pembayarannya tidak serempak tetapi bertahap,” jelasnya.
Yoteni menambahkan, realisasi dari janji pemerintah pusat, mengalokasikan Rp.1 miliar tiap tahun, untuk tahun anggaran 2015 pemerintah pusat hanya akan mengirim Rp. 200 juta ke setiap kampung. Sedangkan untuk tahun anggaran 2016, pemerintah akan menyalurkan Rp.400 juta hingga Rp. 500 juta per kampung. Dana tersebut akan dikirim melalui rekening atas nama kampung.
Dana secara utuh, Rp. 1 miliar untuk satu kampung setiap tahun, pemerintah pusat akan menyalurkan dana sebanyak itu mulai tahun anggaran 2017 mendatang.
Dengan dikucurkannya dana tersebut, tidak harus dikelola oleh kepala kampung. Pengelolaan dana akan dirumuskan dan ditetapkan bersama antara Tim Penggerak Kegiatan Kampung (TPKK), pendamping dan kepala desa yang disesuaikan dengan program dan kebutuhan masyarakat kampung. (ans)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2