Detik-Detik Proklamasi Tingkat Kabupaten Dipusatkan di Sapta Marga

NABIRE – Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70 tahun 2015 tingkat Kabupaten Nabire dipusatkan di Lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, SH.,M.Si.

Hadir pada acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 ini antara lain, Dandim 1705/Paniai, Kapolres Nabire, Wakil Ketua I Marcy Kegou dan beberapa anggota DPRD Nabire, Danyon753 AVT, Kajari Nabire, Ketua Pengadilan, Komanda Zipur 12 OHH, Sekda Nabire, unsur TNI/Polri, pejabat Pemkab Nabire, para Veteran, pimpinan Perguruan Tinggi, pimpinan Parpol, Ormas dan Kepemudaan, guru, para pelajar dan mahasiswa, serta undangan lainnya.
Pada peringatan HUT dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 ini, Penjabat Bupati Nabire tidak membacakan dan memberikan sambutan ataupun amanat Presiden RI ataupun Gubernur Papua. Tema peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat nasional kali ini ‘Ayo Kerja’ dengan sub tema “Dengan Semangat Gerakan Nasional “Ayo Kerja” 70 Tahun Indonesia Merdeka Kita Sukseskan Pilkada Tahun 2015, Guna Mewujudkan Kabupaten Nabire yang Produktif, Berkualitas, Sejahtera, Adil dan Beriman,”.
Pemaknaan Tema ini menggambarkan kesungguhan pemerintah Provinsi Papua untuk menjadikan gerakan nasional "AYO KERJA" sebagai gerakan nyata yang mampu membangkitkan semangat rakyat Papua dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai sebagai negara berdaulat, mandiri, dan bermartabat serta mampu menciptakan aparatur sipil negara pada tiap tingkatan pemerintahan di Kabupaten Nabire yang menerapkan transparansi, akuntabilitas kebersamaan dan inovasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta melayani masyarakat.
Pada Peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI tahun 2015 ini, warga Nabire juga turut serta menyaksikan peringatan detik-detik HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI. Mereka menyaksikan para anggota Paskibraka melakukakn tugas mulia menaikkan sang Saka Merah Putih. Warga sangat antusias melihat kesigapan anggota Paskibraka berbaris dalam berbagai formasi mengambil bendera dari tangan Irup Bupati Nabire dan menuju tiang bendera dan kembali ke barisan semula.
Selain itu peserta yang hadir dan juga warga terdiam sejenak saat waktu menunjukkan pukul 10.00 WIT. Hadirin terenyuh saat pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan. Saat teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan disertai raungan sirine yang membuat suasana semakin khidmat.
Usai pelaksanaan upacara para peserta dan warga Nabire yang turut menyaksikan selain disuguhi berbagai atraksi ketangkasan yang diperagakan dari pihak TNI/Polri dalam bentuk tarian bendera dan bela diri serta drumband Denzipur 12 OHH dan dari kalangan pelajar di Nabire binaan Polres Nabire, juga pembagian hadiah sejumlah lomba. Karena itu, Upacara peringatan HUT ke-70 RI tahun 2015 yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga ini berlangsung tertib, aman dan sukses. (wan)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2