Sendius : Kemerdekaan Jembatan Emas, Wujudkan Semua Harapan Berbangsa dan Bernegara

NABIRE - Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, SH.,M.Si mengatakan kemerdekaan yang kita peroleh merupakan jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara, yakni memiliki Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan abadi dan keadilan sosial.

Dikatakan Sendius Wonda pada acara resepsi kenegaraan, di guest house Senin (17/8) malam kemarin, sudah 70 tahun Indonesia menyatakan kemerdekaannya untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, kemerdekaan tersebut diperoleh atas berkat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, serta melalui perjuangan yang panjang,  dari para patriot dan pejuang bangsa, yang berjuang tanpa pamrih mengorbakan jiwa raganya yang didasari atas keinginan luhur, untuk menjadi bangsa yang bebas, merdeka dan berdaulat.
Harapan itu hanya bisa kita capai melalui kerja keras untuk meraih kemakmuran dan kejayaannya, membangun jiwa sekaligus membangun raganya  agar dapat berdiri kokoh untuk selama-lamanya, dan mampu mewujudkan semua cita-cita mulia, demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.
Semangat ayo kerja yang dimaksud dalam tema kali ini, haruslah dilakukan dengan keinsyafan akan kekuatan dari persatuan Indonesia, secara bersama-sama,  bergotong royong dari seluruh komponen anak bangsa  untuk bekerja tanpa pamrih. “Para pemimpin harus mampu memberikan contoh dan teladan bergotong royong dalam bekerja. Sebab tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia, baik secara nasional, regional dan global memerlukan kebersamaan yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.
Lanjutnya, pada hari ini segenap rakyat Indonesia larut dalam kebahagiaan merayakan HUT kemerdekaan ke 70, maka sebagai generasi penerus kita dapat memaknai peringatan ini dalam kehidupan kita, dengan terus bekerja keras untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa, serta mampu meneladani nilai-nilai luhur para pejuang bangsa, yang selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, diatas kepentingan pribadi maupun golongan.
Kepada para pendiri, pejuang, dan pahlawan bangsa yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini, katanya, marilah kita doakan mereka, semoga mendapatkan tempat yang layak disisi Tuhan yang maha pengasih, sesuai dengan amal dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara.
“Sebagai warga negara yang baik, wujud penghargaan kepada perintis dan pejuang yang telah merebut kemerdekaan adalah, mengisi kemerdekaan dengan pembangunan melalui bidang profesi kita masing-masing, hal ini dimaksudkan agar semua agenda pemerintah maupun pembangunan di semua sektor dan bidang dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sukses menuju masyarakat Nabire yang produktif, berkualitas, sejahtera, adil dan beriman,” ujar bupati.
Ditambahkan, melalui momentum HUT ke-70 ini, mari kita sukseskan Pilkada Kabupaten Nabire pada tanggal 9 Desember mendatang, kita wujudkan situasi Kabupaten Nabire yang aman dan kondusif, dengan memelihara persatuan dan kesatuan diantara kita, menghargai kebhinekaan dan keragaman yang ada sebagai suatu potensi dan kekuatan untuk membangun daerah yang kita cintai ini.
Sebelum mengakhiri sambutan ini, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Forkopimda, para veteran dan keluarga pejuang kemerdekaan, panitia penyelenggara, aparat keamanan, tenaga medis, para sponsor, petugas upacara, terutama adik-adik Paskibra yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga perayaan HUT ke-70  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dapat berjalan dengan lancar , aman dan sukses.  “Dirgahayu ke-70 Republik Indonesia’, kiranya Tuhan memberkati kita semua,” akhirnya. (wan)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2