Bulan Tertib Lantas, Pengendara Kendaraan Dilarang Pakai HP Saat Berkendara

NABIRE- Dalam rangka menuju Indonesia tertib, melalui Bulan Tertib Lalulintas yang dilaksanakan sejak bulan Juli - September 2015, Kepolisian Resor Nabire melalui Satuan Lalulintas menghimbau kepada seluruh pengguna jalan raya, terlebih khusus pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat, agar tidak menggunakan Hand Phone (HP) pada saat berkendara di jalan raya.

 

Kapolres Nabire, AKBP. H.R.Situmeang, S.Ik.,MH melalui Kasat lantas Polres Nabire, AKP. Rendy Setia Permana, S.Ik, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (25/8) mengatakan, dalam bulan tertib Lantas, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Nabire akan melakukan penertiban terhadap pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang menggunakan HP pada saat berkendara.

Hal tersebut, kata Kasat, sesuai dengan amanat yang tertera dalam Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Selain amanat UU, semua Satlantas diinstruksikan oleh Polda, untuk melakukan penertiban kepada semua pengendara kendaran jalan raya yang menggunakan HP pada saat berkendara. Dan sangsi yang akan dikenakan kepada pelanggar, adalah berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 283 jo 106 ayat 1, dengan ancaman hukuman pidana 3 bulan penjara dan denda sebanyak 750 ribu.

“Ini merupakan sosialisasi dan pemberitahuan kepada warga masyarakat Nabire dan pengguna jalan raya, atau pengendara kendaraan untuk bisa memperhatikan hal tersebut dan diketahui. Karena, ini akan kami tertibkan nanti, jadi kalau ada pengendara kendaraan yang kami tahan, karena menggunakan HP pada saat dia mengendarai kendaraan, ya kami akan tindak sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tadi. Dan ini berlaku di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selaku Kasat Lantas Polres Nabire, ia mengucapkan terim kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan raya, terutama kepada para pengendara kendaraan yang selama ini telah mematuhi aturan lalulintas. Dan diharapkan semua pengguna jalan, juga tetap mematuhi semua aturan lalulintas. Terlebih khusus pada bulan tertib Lantas yang dimulai sejak bulan Juli hingga September 2015, untuk tidak menggunakan HP pada saat mengendari kendaraan.

“Program ini adalah program yang dicanangkan mulai dari tingkat pusat, Polda hingga ke Polres-Polres di seluruh Indonesia. Dan hal ini juga dilakukan dalam rangka Indonesia Tertib, Bersatu, dan Keselamatan menjadi hal yang nomor satu bagi kita semua,” pungkasnya. (cad)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2