SMA Negeri 1 Plus KPG Gelar Workshop KTSP

NABIRE - Bertempat di aula pertemuan SMA N 1 Plus Kolose Pendidikan Guru (KPG) Nabire, Selasa (25/8) telah dibuka kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dan kegiatan tersebut diikuti oleh dewan guru, pengurus Osis, komite sekolah, Tata Usaha (TU) dan pengawas.


Kegiatan workshop tersebut secara langsung dibuka oleh Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Harun El. Rasyid, S.Pd.,MM.Pd. Dalam arahannya Harun mengatakan, kurikulum KTSP wajib dibuat oleh semua sekolah mulai dari pendidikan dasar (SD) sampai pendidikan umum (SMA/SMK ) di semua lembaga pendidikan formal.
Karena, menurutnya, kurikulum KTSP terdiri atas dua dokumen yaitu dokumen yang memuat visi, misi dan tujuan sekolah, struktur kurikulum dan muatan kurikulum serta kalender pendidikan. Sementara dokumen kedua memuat Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), karena semua ini sangat erat kaitannya dengan Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang kemudian dituangkan ke angka kredit untuk pengusulan kenaikan pangkat.
Oleh karena harapnya, itu semua dewan guru wajib membuat perangkat mengajar, lantaran perangkat mengajar merupakan senjata seorang pendidik ketika masuk ruang kelas dan hal ini sama saja dengan seorang prajurit tentara yang hendak berperang, maka yang harus diambil adalah senjata untuk menembak musuh.
Sementara itu Kepala SMA N 1 Plus KPG Nabire Drs BerenadusB. Buang, M.Pd menambahkan, sumber daya manusia (SDM) yang handal, produktif dan inovatif hanya mungkin dilalui pendidikan yang bermutu, karena pendidikan bermutu dan mampu ‘Go International’ dan semua ini hanya melalui pendidikan bermutu profesional dan kompeten.
Sebab, tujuan dilaksanakan workshop I dan II adalah agar sekolah dapat memiliki kurikulum dokumen I dan dokumen II serta kedepan semua guru membuat perangkat mengajar dan kita juga dapat memahami penilaian kinerja guru. (Erens Rumbobiar)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2