11 Kabupaten, Nabire Punya Kandidat Pilkada Terbanyak di Papua

NABIRE - Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Pdt. Robert Horick, S.Th, saat diwawancarai Senin (31/8) di sela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Panwas Kecamatan Kabupaten Nabire yang diselenggarakan oleh Panwas Pilkada Kabupaten Nabire mengatakan, Nabire merupakan kabupaten yang mempunyai peserta atau kandidat terbanyak dalam Pilkada serentak yang dilaksanakan 9 Desember 2015.


Terkait pelantikan Panwas Distrik/Kecamatan Kabupaten Nabire yang baru bisa dilaksanakan Senin kemarin, selaku Ketua Bawaslu Provinsi Papua dirinya mengucapkan selamat atas dilantiknya 45 orang Panwas Kecamatan yang akan bertugas mengawasi jalannya tahapan Pilkada Kabupaten Nabire di tingkat kecamatan, dan pelantikan tersebut dinilai belum terlambat, karena sejumlah tahapan yang akan dilalui saat ini akan dilalui Panwas Distrik belum juga dilakukan oleh penyelenggara yakni KPU, oleh karena itu dirinya optimis bahwa setiap tahapan Pilkada yang akan dilalui oleh Panwas Kecamatan akan berjalan dengan baik.
“Kita di Provinsi Papua ada sebelas kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak, dan untuk Pilkada itu kita tahu bahwa anggarannya adalah APBD. APBD diawali atau dikucurkan setelah adanya penandatanganan NPHD, antara bupati atau penjabat bupati dengan ketua Panwas Kabupaten. Dan biasanya yang menjadi kendala itu adalah proses penandatangan NPHD ini, yang membuat proses pelantikan itu agak molor, tetapi bukan terlambat. Mungkin, proses penandatanganan itu sudah dilakukan, tetapi anggaran itu belum dicairkan, itu yang menjadi kendala-kendala disebelas kabupaten yang ada di Papua,”ujar Ketua Bawaslu Robert Horick.
Lanjutnya, semua pelantikan Panwas Distrik yang dilakukan disebelas kabupaten sudah dalam tahapan berjalan, karena proses yang harus diawasi ole Panwas Distrik adalah kampanye kemudian Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga, dirinya berharap Panwas Distrik yang telah dilantik harus siap mengawasi jalannya tahapan Pilkada Kabupaten Nabire di 15 distrik yang ada. Serta, berkolaborasi dengan PPD, karena tahapan kampanye itu akan berlangsung di setiap distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Nabire. (cad)      

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2