Putusan Panwas Final dan Mengikat, Wajib Dilaksanakan KPU

NABIRE – Ketua Tim Koalisi Nusantara yang mengusung calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire, Drs. Fabianus Yobee dan Yusuf Kobepa, SH.,MM, dalam siaran persnya mengatakan dan berpendapat, putusan Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Nabire tentang sengketa penetapan pasangan calon final dan mengikat serta wajib hukumnya untuk dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nabire.

Dijelaskan Siprianus Bunai, SH, putusan Panwaslu Nabire mengabulkan sebagian permohonan pemohon pasangan calon (Paslon) Fabianus Yobee dan Yusuf Kobepa wajib hukumnuya dilaksanakan oleh KPU Nabire karena keputusannya bersifat final dan mengikat.
Final disini, menurutnya, KPU Nabire tidak diberikan kewenangan banding oleh objek sengketa penetapan Paslon dan mengikat dapat diartikan bahwa KPU Nabire wajib hukumnya untuk melaksanakan keputusan Panwas tersebut. Apabila tidak dilaksanakan tentu akan ada konsekuensi, baik dari segi yuridis (hukum) maupun dari segi sosiologis.
Tambah Siprianus, Panwas kabupaten mempunyai kewenangan mengadili dan memutuskan sengketa penetapan Paslon berdasarkan ketentuan pasal 142 dan 143 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota. Dimana hal itu, dikuatkan oleh Fatwa Mahkamah Agung (MA) Nomor 115/Tuaka.TUN/V/2015 perihal Pemohonan Fatwa MA Republik Indonesia, dimana pada point (4) Fatwa MA berbunyi “Pasal 142 UU Nomor 1 Tahun 2015 juncto UU Nomor 8 Tahun 2015 maka Paslon yang sudah mendaftarkan ke KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota, namun tidak ditetapkan sebagai peserta pemilihan yang memiliki legal standing untuk mengajukan sengketa ke Bawaslu provinsi dan Panwas kabupaten/kota, karena telah terjadi sengketa antara peserta pemilihan dengan penyelenggara pemilihan sebagaimana dimaksud pasal 142 a quo”.
Untuk itu tegasnya, putusan Panwas tentang sengketa penetapan Paslon yang diajukan oleh kami dan telah diputuskan oleh pihak Panwas adalah final dan mengikat berdasarkan ketentuan pasal 144 UU Nomor 8 Tahun 2015, sehingga keputusan Panwas Nabire Nomor : 01/KS/PWSL.NBR.33.21/IX/2015 wajib hukumnya untuk dilaksanakan oleh KPU Nabire.
Dengan demikian akhir dan kembali ditekankan Ketua Tim Koalisi Nusantara, Siprianus Bunai, didamping beberapa rekannya ketika bertandang ke Redaksi media ini tadi malam, KPU Kabupaten Nabire wajib hukumnya untuk segera menetapkan Paslon Fabianus Yobee – Yusuf Kobepa sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire dengen nomor urut 8.(wan)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2