Mekar Nabire Timur Rencana akan Dideklarasikan

NABIRE - Rapat panitia deklarasi pemekaran Kabupaten Nabire Timur dengan masyarakat Distrik Makimi, digelar Jumat (11/9) di Kantor Kampung SP2 Lagari Jaya, Distrik Makimi. Agenda rapat membahas rencana kegiatan deklarasi pemekaran Kabupaten Nabire Timur yang direncanakan dilakukan di Lapangan Kantor Distrik Makimi.
Kegiatan kemarin dipimpin oleh ketua panitia deklarasi Nabire Timur, Urbanus Wihiawari. Turut hadiri Kadistrik Makimi, Kapolsek, perwakilan Danramil serta Kakam Lagari, Kakam Makimi, Kakam SP, Kepala Suku Dani dan para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Distrik Makimi.

Ketua panitia, Urbanus Wihiawari saat pertemuan itu menuturkan, pemekaran Kabupaten Nabire timur ini mendapatkan dukungan penuh dari Penjabat Bupati Nabire. Pihaknya mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat Distrik Makimi untuk rencana kegiatan deklarasi Nabire Timur nantinya.
Pada kesempatan itu, Urbanus menegaskan tidak ada unsur politik di dalam kegiatan tersebut. Apalagi hasil pertemuan pihaknya tadi malam dengan Penjabat Bupati Nabire, yang menyatakan melarang mengundang pasangan calon bupati dan menolak kedatangan pasangan calon bupati ketika kegiatan berlangsung nantinya.
“Kegiatan ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dana dari penjabat bupati tapi masih belum tahu berapa jumlahnya,” ujarnya.
Sekitar pukul 11.30 WIT, rapat selesai dan situasi dalam keadaan aman dan lancar.
Menurut informasi, deklarasi akan dilakukan minggu depan namun untuk tanggal dan harinya akan diberitahukan lebih lanjut. Karena panitia masih berkoordinasi dengan penjabat bupati. Sementara itu, masyarakat dengan panitia beserta Tripika akan membuat surat pernyataan bahwa kegiatan tersebut murni untuk pemekaran Nabire Timur dan tidak ada unsur politik. Serta melarang keras adanya pasangan calon bupati yang akan melakukan kegiatan ketika kegiatan berlangsung.
Selain itu, Kapolsek Makimi, Iptu Akhmad Alfian, S.Ik akan membuat surat edaran terkait melarang penjualan minuman lokal (Milo) pada H-3 dan H+3 kegiatan tersebut agar tidak memicu permasalahan ketika kegiatan berlangsung. (ist)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2