Masyarakat Nabire Timur Nyatakan Siap Deklarasikan Pemekaran Kabupaten

NABIRE - Masyarakat yang berdomisili di lima distrik Nabire bagian timur, masing masing Distrik Makimi, Napan, Mora, Wapoga dan Distrik Siriwo menyatakan siap untuk mendeklarasikan rencana pemekaran Kabupaten Nabire Timur yang akan digelar Rabu, 16 September 2015  di Halaman Kantor Distrik Makimi Kabupaten Nabire.

“Luar biasa dukungan dari masyarakat 5 distrik  atas rencana pemekaran Kabupaten Nabire Timur. Setelah kami melakukan pertemuan dalam rangka persiapan deklarasi pemekaran kabupaten Nabire di Kampung Lagari Jaya, Minggu (13/9) antusias dan dukungan masyarakat  dengan satu harapan yaitu pemekaran Kabupaten Nabire Timur benar-benar dapat diwujudnyatakan,” Demikian seperti diungkapkan Ketua Panitia Deklarasi Pemekaran Kabupaten Nabire Timur, Drs. Urbanus Wihiawari, M.Si kepada Papuapos Nabire seusai melakukan pertemuan dengan masyarakat.
Dijelaskan Urbanus, pada acara pembahasan teknis persiapan deklarasi rencana pemekaran Kabupaten Nabire Timur masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di Nabire Timur menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nabire Sendius Wonda, SH, M.Si atas perhatian dan dukungan serius atas rencana pemekaran Kabupaten Nabire Timur.
”Beberapa kali pertemuan dengan masyarakat dan tokoh-tokoh dari lima distrik Nabire bagian timur menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang luar biasa dari bupati Nabire Sendius Wonda,” ungkapnya.
Lebih lanjut kata Urbanus, sebagai bentuk dukungan masyarakat atas rencana pemekaran Kabupaten Nabire Timur, pada acara rapat pembahasan teknis pelaksanaan deklarasi yang digelar Minggu (13/09) kemarin, masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di 5 distrik secara spontan menyumbang babi sebanyak 11 ekor babi, 1 ekor sapi, 130 ekor ayam, 103 karton aqua, 200 kg beras,  sumbangan dari PT. IPP Rp.10 juta, PT. Tunas Anugerah Papua, Rp. 5 juta, Dewan Adat Kabupaten Nabire sumbang 1 ekor babi dan uang Rp.5 juta, Kepala Distrik Wapoga, 1 ekor babi dan uang Rp. 5 juta.
Ketika ditanya apakah ada dukungan dari pemerintah Kabupaten Nabire atas akan diselenggarakan deklarasi pemekaran Kabupaten Nabire Timur? kata Urbanus, setelah pihaknya mengajukan permohonan berupa dukungan dana kepada Bupati Nabire, Sendius Wonda, SH,M.Si pihaknya memberikan bantuan dana sebesar Rp.70 juta.
”Meski beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Nabire bagian timur belum ada respons hingga saat ini, akan tetapi masyarakat dan bupati Nabire sudah menyambut baik atas rencana pelaksanaan deklarasi pemekaran kabupaten Nabire Timur,” terangnya.
Ditambahkan, kegiatan deklarasi yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan ini sebagai panitia pihaknya akan mengundang bupati Nabire dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Nabire, Pers, keamanan, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh masyarakat di 5 distrik Kabupaten Nabire bagian timur.
”Kami mengharapkan masyarakat dari lima distrik Nabire bagian timur agar  mengikuti acara deklarasi yang akan dilaksanakan di Kantor Distrik Makimi Kabupaten Nabire,” ungkap Urbanus mengakhiri perbincangannya. (rik)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2