Sendius : Pelantikan Pejabat Wajar dan Biasa Saja

NABIRE - Penjabat Bupati Nabire, Sendius Wonda, SH.,M.Si mengatakan pelantikan pejabat di lingkungan pemerintahan bukan merupakan hal yang luar biasa, melainkan merupakan hal wajar dan biasa dilaksanakan. “Setiap pelantikan pejabat  seperti yang dilaksanakan pada hari ini, bukan merupakan hal yang luar biasa, melainkan merupakan suatu hal yang wajar dan biasa saja,” terangnya di sela-sela pelantikan tiga pejabat eselon III di lingkungan pemerintah kabupaten Nabire, Senin (14/9) kemarin.

Dikatakan Bupati Sendius, pelantikan yang kita laksanakan sekarang ini merupakan kebutuhan organisasi, karena masih adanya unit kerja pada tiap SKPD yang belum ada pejabatnya yang menyebabkan terjadinya mutasi dalam jabatan.
Selain itu pelantikan juga merupakan bagian dari reformasi birokrasi, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, untuk menempatkan pejabat yang profesional di bidangnya. “Pelantikan pejabat juga sebagai bentuk penyegaran yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja, serta menjamin kesinambungan roda organisasi,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Sendius berharap kepada pejabat yang baru saja dilantik, sekecil apapun tugas  yang dibebankan di pundak, merupakan kepercayaan dari pimpinan dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab, loyalitas serta berdedikasi tinggi, penuh pengabdian dan pelayanan yang tulus  tanpa pamrih.
Tak lupa, bupati titip pesan terkait tiga hal pokok yang harus dimiliki seorang pejabat untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan, yakni pertama, soal integritas pribadi mengutamakan perilaku terpuji, dapat dijadikan panutan, berdisiplin, memiliki loyalitas dan penuh pengabdian.
Kedua, profesional, menyelesaikan tugas dengan baik, tepat dan tuntas sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan ketiga, menurut Bupati Sendius, akuntabel, mempertanggung jawabkan tugas maupun pekerjaan yang telah dilaksanakan kepada pimpinan maupun kepada publik, baik dari segi proses maupun hasil yang dicapai.
“Ketiga hal ini merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan merupakan pilar dari reformasi birokrasi, dalam rangka mewujudkan aparatur yang siap melayani dan meningkatkan kinerja aparatur pemerintah di masa mendatang,” ujarnya.
Tak lupa pula, bupati mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik dengan harapan tetap membangun komunikasi dengan pejabat lama dan segera dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, mampu menjadi pembaharu dan berkoordinasi dengan semua stakeholder serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif dalam meningkatkan motivasi kerja para staf.
Sedangkan kepada pejabat lama, atas nama pimpinan daerah mengucapkan terima kasih, atas  segala karya dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini. Kiranya, imbuh bupati, apa yang telah didarmabaktikan bagi kepentingan daerah, bangsa dan negara bernilai kebaikan di mata Tuhan Yang Maha Esa. (wan)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2