Penanganan Sampah Maksimal, TPA Sedang Dibangun

NABIRE - Terkait pernyataan salah seorang mahasiswa (Martius Maisini) yang mengklaim mengadakan penelitian tentang sampah di Nabire yang mengatakan, bahwa penanganan sampah di Nabire masih lemah dan belum ada TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sebagaimana dilansir Papuapos Nabire, edisi Selasa (16/9) dibantah pihak Kantor Kebersihan, Pemakaman dan Pertamanan Kabupaten Nabire.

Kepala Seksi Pertamanan Kantor Kebersihan, Pemakaman dan Pertamanan Kabupaten Nbaire, Oswal Sobuber mengatakan, penanganan sampah di Nabire terus dilakukan secara maksimal.
Menurutnya, pernyataan mahasiswa itu yang mengatakan belum ada TPA sangat tidak benar. Pasalnya, pemerintah daerah saat ini telah menyediakan lahan seluas 10 hektar di Kaladiri sebagai TPA dan saat ini sedang dibangun.
“Pernyataan Martinus Maisini itu sangat tidak beralasan dan tidak benar. Kami sudah bekerja maksimal bagaimana menangani sampah. TPA sedang dibangun di Kaladiri dan luasnya mencapai 10 hektar,” katanya.
Oswal Sobuber menyayangkan pernyataan mahasiswa itu, karena melakukan penelitian tetapi yang bersangkutan tidak pernah datang ke Kantor Kebersihan, Pemakaman dan Pertamanan Kabupaten Nabire untuk bertanya seputar penanganan sampah dan penyediaan TPS dan TPA.
“Bila akan melakukan penelitian tentang sampah, seharusnya diawali dengan mendatangi instansi teknis dalam hal ini kantor kami, kami tentu akan memberikan informasi tentang itu. Aneh sekali, melakukan penelitian yang mengakunya 3 minggu tetapi tempat pembuangan akhir di Kaldiri yang sedang dibangun dan sedemikian luasnya tidak tahu,” ujarnya.
“Sekali lagi saya katakan bahwa penanganan sampah di Nbaire terus dilakukan, kami melakukan secara maksimal, himbauan tidak membuang sampah pada titik-titik tertentu sudah disampaiakan kepada masyarakat hingga bagaimana dan kemana sampah akan dibuang juga sudah dipikirkan, salah satunya dengan penyediaan dan membangun TPA,” tuturnya. (iing elsa)

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2