Lomba Inovasi Menu Olahan Ikan Digelar

NABIRE - Rabu, 30 September 2015 kemarin, bertempat di Gedung PKK Oyehe Nabire digelar kegiatan kajian optimalisasi pengolahan dan pemasaran produk perikanan dalam bentuk kegiatan lomba inovasi menu olahan ikan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire.

 

Dalam arahannya, kepala dinas mengatakan, kebijakan pembangunan perikanan secara umum bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan, mengembangkan lomba inovasi menu olahan ikan. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber makanan lokal yang melimpah di kabupaten Nabire, untuk diolah menjadi berbagai menu makanan yang bergizi.

Terangnya, untuk itu melalui lomba ini diharapkan akan menghasilkan berbagai variasi menu pengumpul ikan budidaya lokal  yang bernilai gizi tinggi dan berguna bagi kesehatan tubuh serta dapat mewujudkan ketahanan nelayan di Nabire. “Kepada pelaksana kegiatan lomba beserta jajarannya, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih, dengan digelarnya lomba inovasi menu olahan ikan ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nabire Ny. Irene Wonda memberikan bantuan berupa uang traspotasi kepada peserta lomba yang bertujuan memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta lomba menu olahan ikan, agar kedepan dapat ditingkatkan dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat dapat terarah, teratur dan rapi serta bisa bersaing dengan di tingkat provinsi bahkan di tingkat nasional.

Ketua Panitia Agustina Wanaha dalam laporannya mengatakan, kebijakan tersebut saat ini diarahkan kepada komoditas hasil perikanan yang dapat diolah untuk diperoleh nilai tumbuhan. Nilai tambah yang diperoleh dari pengembangan produk jauh lebih tingggi dibandingkan dengan hasil perikanan dalam bentuk segar atau utuh, karenanya pendekatan pembangunan perikanan kedepan diarahkan pada pengembangan produk. Pengembangan produk nilai tambah dilakukan melalui pengembangan industri pengolahan hasil perikanan.

Dikatakan, dalam upaya memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan nilai tambah terhadap produk perikanan,baik secara kualitas, kuantitas dan kontinuitas, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire mengadakan kegiatan kajian optimalisasi pengolahan dan pemasaran produk perikanan dalam bentuk lomba inovasi menu olahan ikan. Lomba inovasi menu olahan ikan ini memiliki arti yang penting terutama demi meningkatkan sebagai ragam produk, mutu dan daya saing produk olahan hasil perikanan.

“Adapun maksud pelaksanaan lomba inovasi menu olahan ikan ini adalah untuk Kabupaten Nabire merealisasikan program dari Dinas Kelautan dan Perikanan tentang kajian optimalisasi pengolahan dan pemasaran produksi perikanan,” tandasnya.

Secara umum lomba ini bertujuan untuk menigkatkan nilai tambah dan penganekaragaman produk perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan khusus lomba inovasi menu olahan ikan, katanya, yakni memotivasi masyarakat untuk lebih berkreasi menciptakan inovasi produk perikanan yang bernilai tambah, bermutu tinggi dan aman untuk dikomsumsi.

Lanjut, dasar hukum pelaksanaan kegiatan kajian optimalisasi pengolahan dan pemasar produk perikanan inovasi olahan ikan bersumber dari dana Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) sesuai DPA No. 2.05.01.23.1 tahun 2014 Satuan Kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire tahun anggaran 2015. Jumlah peserta yang terdaftar 17 regu, namun yang mengikuti lomba menu olahan ikan sebanyak 7 regu, masing-masing  dari Distrik Mora, Nabire Barat, Uwapa, Teluk Kimi, Kampung Waharia, Kelurahan Kalisemen dan Kelurahan Gilimulyo. Adapun menu yang dilombakan, menu keluarga Ikan Nila sebagai hidangan menu keluarga dan menu khusus Balita.

 

Lomba pemenang inovasi menu olahan ikan juara I Distrik Nabire Barat, juara II Distrik Mora juara III Kampung Kalisemen dan juara IV Kampung Harapan. Sedangkan juara hiburan juara harapan  I Kampung Topo Jaya dan Kampung Waharia, juara harapan II Distrik Uwapa dan juara harapan III Kelurahan Gilmulyo. Pemenang juara I akan diutus mewakili Kabupaten Nabire untuk mengikuti kegiatan lomba yang sama di tingkat provinsi. (modes)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2