Selangkah Lagi Lapter Dikia dan Gokodimi Didarati Pesawat

NABIRE - Selangkah lagi, Lapangan Terbang (Lapter) Dikia Distrik Dipa dan Lapter Gokodimi Distrik Menou, Kabupaten Nabire akan didarati pesawat. Surat pengantar dari maskapai penerbangan Assosiation Mission Aviation (AMA) tentang kelayakan pendaratan bagi dua Lapter tersebut sudah ditangan Kepala Distrik Dipa, Nikolaus Kegiye, tinggal menanti surat izin operasional dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua.

 

Kepala Distrik Dipa, Nikolaus Kegiye saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (2/10) malam mengatakan, surat pengantar dari Direktur AMA Jayapura sudah diterima Jumat pagi dari kantor AMA Sentani, Jayapura. Setelah menerima surat tersebut, sudah diteruskan ke Dinas Perhubungan Provinsi Papua sebagai pengantar dikeluarkannya surat izin operasioal.

Kegiye menambahkan, Pilot George dari AMA Nabire juga sudah memberikan penjelasan tentang kondisi riil serta titik koordinat dari lapangan terbang Dikia dan Gokodimi dan menyerahkan CD tentang dua lapangan tersebut kepada AMA Jayapura sebelum maskapai penerbangan tersebut mengeluarkan surat pengantar ke Dinas Perhubungan Provinsi Papua.

“Tadi pagi itu, pilot George juga memberikan penjelasan dan CD tentang lapangan terbang Dikia dan Gokodimi yang selama ini disimpan di dalam laptop,” jelas Kegiye dari Jayapura..

Nikolaus Kegiye menambahkan, sebelum menerbitkan surat izin operasional, Dinas Perhubungan ada meminta untuk melengkapi beberapa persyaratan sehingga sementara ini sedang menyiapkan persyaratan untuk dimasukan ke Dinas Perhubungan pekan depan.

Sekalipun tidak mengungkap secara terbuka, Kepala Distrik Dipa optimis Dinas Perhubungan Provinsi Papua akan menerbitkan surat izin operasional bagi dua lapangan tersebut, paling cepat pekan besok untuk selanjutnya maskapai penerbangan bisa mendarat dan membuka jalur pelayanan ke Lapter Dipa dan Gokodimi.

Sesuai arahan dari AMA Jayapura dan Pilot George, kata Kegiye, apabila surat izin operasional dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua sudah ditangan, akan disampaikan kepada AMA Nabire agar selanjutnya maskapai penerbangan ini membuka jalur penerbangan dan pelayanan ke Dipa dan Gokodimi, sehingga bisa mendapat jadwal penerbangan AMA ke dua Lapter perintis tersebut.

 

Oleh karena itu, pendaratan dan pelayanan penerbangan pesawat untuk membuka isolasi daerah di Distrik Dipa dan Menou, tinggal menanti dikeluarkannya surat izin operasi dari Dinas Perhubungan dan tindak lanjut dari maskapai penerbangan AMA sambil membenahi kekurangan di dua lapangan tersebut. (ans)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2