Pimpinan Aparat Keamanan Atensi Keamanan Pilkada Nabire

NABIRE - Kapolres Nabire, AKBP H. R. Situmeang, S.Ik, MH menyampaikan atensinya terkait keamanan wilayah hukum Kabupaten Nabire saat pelaksanaan tahapan Pilkada. Adanya kasus perselisihan antara tim sukses kandidat satu dengan tim sukses kandidat lainnya, diharapkan kedepan tidak akan terjadi lagi.


“Kalau dari awal tidak baik, ini menjadi preseden buruk kedepannya. Nabire ini milik kita bersama. Saya bertugas di Nabire tidak lama, saya cinta Nabire sehingga saya hadir pada pertemuan ini. Tolong saling menghargai, saling menjaga,” ujar Kapolres Nabire saat rapat pengundian jadwal kampanye terbuka di Kantor KPU, beberapa hari lalu.
Lebih lanjut dikatakan Kapolres Nabire, dirinya sudah berkoordinasi dengan Dandim 1705/PN, Danyon 753/AVT serta satuan lainnya, untuk tetap menjaga pelaksanaan Pilkada Nabire. Hal ini juga merupakan atensi dari pimpinan tingkat atas, ada petunjuk untuk tetap menjaga pelaksanaan Pilkada Nabire.
“Banyak kendala dan kita siap dengan penuh tanggung jawab. Ini tanggung jawab dinas, kita tidak mungkin biarkan pelanggaran kekacauan. Setiap langgar akan ditindak tegas,” ujarnya.
Dirinya juga menekankan kepada para tokoh, salah satunya para kepala suku untuk juga ikut serta menjaga Nabire agar tetap aman. Segala bentuk tindakan harus sesuai dengan hukum yang berlaku.
“Mari kita dukung pelaksanaan Pilkada, bukan menghambat pelaksanaan Pilkada. Para kepala suku harus mengutamakan masyarakat, jangan untuk kepentingan kandidat maupun perorangan. Jika kita sudah beridri di kandidat, ketika kita ke masyarakat, kita harus berdiri sebagai kepala suku untuk semua masyarakat,” tambahnya.
Kapolres Nabire juga meminta para kandidat, tim sukses maupun pendukungnya untuk mempedomani aturan saat pelaksanaan kampanye terbuka nantinya. TNI/Polri, kata Kapolres Nabire, akan tetap menjaga keamanan Nabire. Dan posisi TNI/Polri pada Pilkada Nabire, berada pada posisi netral. Namun jika ada oknum TNI/Polri yang tidak netral, diharapkan untuk dilaporkan ke atasannya.
“Namun jangan dipolitisir. Kami akan bantu bagaimana pelaksanaan Pilkada berjalan aman. Koordinasikan ke kami jika ada persoalan untuk kita carikan jalan keluarnya. Jika ada hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Nabire, silahkan koordinasikan dengan baik kepada pihak penyelenggara di setiap tingkatan,” ujarnya.
Hal yang sama juga dikatakan Dandim 1705/PN, Letkol Arh Yulian Iskandar, S.IP. Jika tahapan Pilkada tidak aman, pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang tidak bisa berjalan dengan baik.
“Sehingga pada pertemuan ini kami perlu sampaikan. Kita sampaikan ini untuk semua pihak agar bisa memberikan penekanan-penekanan agar Pilkada Nabire berjalan lancar,” ujarnya.
Sekarang ini, kata Dandim, pihak TNI bukan hanya mem-back up tetapi ikut maju pada garis depan untuk mensukseskan Pilkada. Kita di Nabire bisa memaksimalkan kekuatan, baik itu Kodim, Batalyon, Zipur maupun kesatuan lainnya. Namun demikian, dengan adanya anggota TNI bukan untuk dibenturkan dengan masyarakat.
“Kalau terjadi anarkis kita akan gerakkan pasukan semaksimal mungkin,” tegasnya.
Kembali ke komitmen awal untuk Nabire Aman, para pasangan calon diharapkan untuk siap kalah dan siap menang. Hal ini hendaknya tidak hanya sebatas ucapan saja, tetapi harus dilaksanakan.
“Jangan kita korbankan masyarakat, jangan korbankan Nabire yang sudah aman. Keinginan para calon tidak dengan mengorbankan masyarakat dan korbankan apa yang sudah baik di Nabire ini. Ada aturan, jika tidak puas laporkan, jangan bikin gerakan-gerakan anarkis yang melanggar hukum,” ujarnya. (ros)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2