Tahun Depan, Akses Darat Paniai - Intan Jaya akan Terbuka

NABIRE - Diprediksi, mulai pertengahan tahun 2016, akses lewat jalan darat antara Kabupaten Paniai dan Intan Jaya akan terbuka. Sebab diperkirakan  akhir Maret 2016, pembangunan jalan darat ruas Enarotali – Ilaga akan tembus ke Distrik Daweida Kabupaten Intan Jaya yang berada di tapal batas antara Paniai dan Intan Jaya.
Kepala Distrik Agadide, Kabupaten Paniai, Yulianus Kogopa, SH saat ditemui media ini di Bumiwonorejo, Senin (16/11) mengatakan pembangunan jalan darat, membuka isolasi daerah di wilayah Timur Kabupaten Paniai, sementara ini sudah sampai di Kampung Dauwagu dari Enarotali.

Diperkirakan, bulan Februari atau Maret jalan sudah sampai tembus Magataka, ujung dari wilayah ulayat suku Mee. Sementara di bagian lain, kawasan sekitar Ekadide, jalannya sudah selesai dikerjakan. Apabila ruas jalan dari Enarotali lewat Kampung Yagai sudah tiba di Komopa sebagai Ibukota Distrik Agadide,  tidak lama lagi akan tembus Distrik Homeo, Kabupaten Intan Jaya.
Kogopa menambahkan, sesuai dengan janji Bupati Paniai, Hengky Kayame pada awal kepemimpinannya untuk mau membuka isolasi daerah di kawasan Timur Paniai yang selama ini terisolasi dengan hubungan darat, mulai akan terjawab pada awal tahun depan antara bulan Februari dan Maret ketika jalan darat dari Ibukota Kabupaten Paniai, Enarotali sudah tembus Komopa.
Ia menambahkan, untuk mewujudkan janji Bupati Kayame, jalan yang tembus ke Komopa akan membuka jalur Kampung Yagai ke Kampung Kebo untuk selanjutnya ke Distrik Bogobaida daerah Siriwo yang pada akhirnya menuju ke Jalan Trans Papua ruas Nabire  - Enarotali di KM 117.
Kepala Distrik Agadide ini menambahkan, ketika jalan dari Yagai ke Bogobaida menuju KM 117 ini terbuka, jalan ini akan menjadi jalan alternatif dari Paniai ke Nabire atau sebaliknya dari Nabire ke Paniai. Dengan terbukanya jalur ini, kata Kogopa, Komopa akan menjadi sentral antara Paniai dan Intan Jaya. (ans)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2