MA Tolak Memori Kasasi Nomor 16 dan Nomor 5

NABIRE - Mahkamah Agung (MA) RI menolak memori kasasi gugatan penggugat. Memori gugatan yang ajukan pengugatan terkait sengketa Partai Nasdem dan Partai Golkar yang diajukan oleh Isaias Douw, S.Sos dan Decky Kayame, SE.
Gugatan kandidat terhadap Partai Nasdem adalah perkara Nomor : 16/G/Pilkada/2015/PT.TUN.MKS. Sedangkan gugatan Partai Golkar Nomor : 5/G/Pilkada/2015/PT.TUN.MKS.
Keputusan MA menolak gugatan Isaias Douw dalam memori kasasi nomor 16 adalah Keputusan Nomor 594/TUN/Pilkada/2015. Sedangkan keputusan MA menolak gugatan memori kasasi nomor 5, itu dituangkan dalam Keputusan MA Nomor : 573/TUN/Pilkada/2015.


Objek sengketanya, di PT. TUN Makassar untuk perkara nomor 16, Keputusan KPU Kabupaten Nabire Nomor 13/KPTS/KPU.Nabire/IX/2015 tanggal 18 September 2015 tentang Perubahan Keputusan KPU Nabire Nomor 9/KPTS/KPU Nabire/VIII/2015 tanggal 24 Agustus 2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2015.
Di PT. TUN dalam eksepsi ada tiga point, yakni pengajuan gugatan penggugat sudah melampaui waktu, kedua, gugatan kurang pihak dan yang ketiga gugatan kabur (Abscuur Libelium).
Keputusan di PT. TUN Makassar, mengadili dalam eksepsi menerima eksepsi dari tergugat dalam pokok perkara menyatakan gugatan pihak penggugat tidak dapat diterima, menghukum pihak penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp.4.950,-.
Sama seperti penolakan memori kasasi nomor 16, MA juga menolak memori kasasi nomor 5 yang diajukan oleh Decky Kayame.
Atas Keputusan MA itu, Anggota KPU Nabire Devisi Hukum dan Data, Nelius Agapa mengatakan, putusan MA terkait penolakan memori kasasi baik nomor 16 maupun 5 itu tertanggal 3 November 2015.
Diungkapkannya, KPU Nabire menerima keputusan tersebut dan siap melaksanakan dan selanjutnya melanjutkan tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2015.
Sementara tahapan Pemilukada, pada tanggal 23 November akan digelar pawai bersama pasangan kandidat. Tanggal 24 November sampai dengan tanggal 5 Desember 2015 melaksanakan kampanye terbuka atau rapat umum.
Nelius mengharapkan, kegiatan tersebut akan berjalan dengan aman dan lancar, semua pihak diminta untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab.
Nelius Agapa juga meminta agar semua pihak menjaga kondusivitas daerah sampai pada hari pencoblosan yakni tanggal 9 Desember 2015. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2